Rakor DKP Perkuat Sinergi Lintas Wilayah Wujudkan Kedaulatan Pangan di Babel

Rakor DKP Perkuat Sinergi Lintas Wilayah Wujudkan Kedaulatan Pangan di Babel

provinsi

Pangkalpinang – Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (Rakor DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2016 resmi dibuka Staf Ahli Gubernur Bidang Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Ir. H. Syahrudin, M.Si pada Senin (17/10/16) bertempat di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Rakor yang mengambil tema “Melalui Sinergi Program Aksi Pangan dan Gizi Kita Wujudkan Kedaulatan Pangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” dihadiri Wakil Walikota Pangkalpinang M. Sofyan dan Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan Pusat Dr. Rahmi Widiriyani, SP., M,Si. serta sejumlah undangan lainnya.

Rakor yang berlangsung sehari ini diharapkan dapat merumuskan kesepakatan Bupati/Walikota selaku Ketua DKP Kabupaten/Kota yang merupakan komitmen kepala daerah dalam sinergi program terkait pangan dan gizi di wilayah masing-masing.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung melalui Staf Ahli Gubernur Syahrudin memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya Rakor DKP ini karena sangat strategis dalam rangka pemantapan pembangunan pangan dan gizi.

Dikatakan Syahrudin saat membacakan sambutan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung bahwa Rakor DKP merupakan forum komunikasi antar Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota dalam berbagi pengalaman dalam pelaksanaan program ketahanan pangan dan gizi di daerah.

“Oleh karena itu mari manfaatkan rakor ini untuk memperkuat kerja sama antar daerah dan menetapkan langkah strategis pembangunan pangan dan gizi wilayah untuk mendukung terwujudnya kedaulatan pangan,” kutip Syahrudin.

Saat diwawancara awak media, Syahrudin mengatakan perlu adanya sinergi dan tukar pengalaman masing-masing daerah agar Bangka Belitung betul-betul mandiri pangan dan berdaulat pangan.

“Selain itu harus diperhatikan pula kualitas dan kuantitas pangan yang tersedia yakni secara mutu harus baik dari produksi yang unggul, dengan kuantitas atau jumlah mencukupi dan didukung proses distribusi yang lancar sehingga perlu adanya kerja sama dengan daerah lain secara intensif,” jelas Syahrudin.

Sementara itu, Sri Rezeki selaku Sekretaris Badan Ketahanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam laporannya menyebutkan Rakor DKP Tahun 2016 ini dilaksanakan sesuai dengan amanat Peraturan Presiden No. 83 Tahun 2006 tentang Dewan Ketahanan Pangan.

“Rakor ini sebagai forum koordinasi Bupati/Walikota selaku Ketua DKP Kabupaten/Kotadalam rangka mengevaluasi kinerja, membahas masalah, tantangan serta upaya-upaya penyelesaiannya dalam rangka pemantapan ketahanan pangan di daerah,” ujarnya.

Sebanyak lebih dari 40 peserta hadir dalam rakor ini diantaranya yang mewakili Ketua DKP Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Bangka Belitung, , Kepala Badan/Unit Kerja Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota serta Sekretaris dan Anggota DKP Provinsi.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan penghargaan ketahanan pangan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2016 kepada sejumlah pemenang untuk kategori Pelaku Ketahanan Pangan, kategori Pelayanan Ketahanan Pangan dan kategori Pelopor Ketahanan Pangan yang dirangkaikan dengan penyerahan Sertifikat Prima 3 (aman dikonsumsi) Produk Pangan Segar kepada pelaku usaha/petani.(typ)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top