PDIP Babel Rampungkan Nama Caleg 2019
(net)

PDIP Babel Rampungkan Nama Caleg 2019

Pangkalpinang

PANGKALPINANG, BBC - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan merampungkan nama-nama yang akan diajukan sebagai bakal calon anggota legislatif (DPRD, DPRI dan DPD) se-Bangka Belitung pada Pemilu Legislatif 2019. 
 
Hampir seluruh nama yang terjaring oleh partai besutan Megawati Soekarnoputri itu adalah yang saat masih mengisi kursi Fraksi PDI Perjuangan di kabupaten/kota dan Provinsi se-Babel.
 
"Sudah hampir 100 persen nama caleg dari PDI Perjuangan untuk DPRD Kabupaten/Kota dan Provinsi Pemilu 2019 nanti sudah rampung. Penjaringan dan penyaringan tingkat DPC hingga DPD sudah tuntas untuk selanjutnya dialporkan ke DPP partai," kata Didit Srigusjaya Ketua DPD PDI Perjuangan Babel usai menggelar rapat DPD diperluas dengan seluruh DPC dan anggota fraksi di Kantor DPD PDI Perjuangan Babel Jln Depati Hamzah, Air Itam, Pangkalpinang, Minggu (27/5/18).
 
Didit mengatakan proses penjaringan dan penyaringan calon anggota legislatif yang akan diajukan PDI Perjuangan mengacu kepada Peraturan Partai Nomor 25 Tahun 2018. Dalam peraturan tersebut, kata Didit diatur persentase hak dan kewenangan setiap tingkatan struktur partai mulai dari DPC, DPD, hingga DPP terhadap nama bakal caleg.
 
"Sesuai peraturan partai, rekrutmen caleg dari PDI Perjuangan, memang memprioritaskan kader partai, khsusnya  pada daerah basis, tapi membuka kesempatan kepada tokoh dari eksternal partai untuk masuk dalam caleg PDI Perjaungan. Sepertai penjaringan dan penyaringan untuk caleg 2019 di Babel ini ada ekternalnya," tukas Didit.
 
Dari nama-nama caleg yang diajukan DPC untuk calon anggota DPRD Kabupaten dan Provinsi, diakui Didit masih didominasi oleh kandidat yang saat ini sebagai anggota Fraksi PDI Perjuangan. 
 
"Mereka adalah kader partai, peraturan partai mengaturnya, tidak ada masalah, masih bisa dicalonkan walau sudah beberapa periode dengan ketentuan surat dari Ketua Umum partai," ujar Didit.
 
Pada Pileg 2019, PDI Perjuangan Babel juga sudah pasang target, "kembali menang di Pemilu 2019 di Babel dan pusat sekaligus pemenangan Pak Jokowi untuk terpilih sebagai Presiden kedua kalinya," tambah Didit.
 
DPD PDI Perjuangan Babel masih melakukan penyelesaian akhir nama-nama caleg sebelum dilaporkan ke DPP. Bahkan data bakal caleg ini akan dimasukkan dalam sistem informasi caleg PDI Perjuangan yang sudah menggunakan sistem online.
 
"Sebelum kita lapor ke DPP, data caleg ini akan diinput dulu karena mulai Pileg 2019 sistem di PDI Perjaunagn sudah online. Petugas parati untuk admin dan operator sedang dilatih," ujar Didit.(***)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top