Polda Babel Akan Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan Dengan Sengaja

Polda Babel Akan Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan Dengan Sengaja

Pangkalpinang

PANGKALPINANG, BBC - Dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, (Kepolisian Daerah Polda Babel) telah membentuk tim Satgas untuk melakukan pemantauan terhadap kebakaran hutan.
 
Hal tersebut dikatakan Kapolda Babel Brigjen Pol Syaiful Zachri, Rabu (8/8/18) saat acara peduli bencana dalam pelepasan pengiriman bantuan logistik untuk korban bencana alam gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Brigjen Pol Syaiful Zachri mengatakan kalau pihaknya Polda Babel dari awal sudah mengimbau dan memerintahkan kepada jajaran untuk membuat tim Satgas dan juga pemantauan bahaya kebakaran.
 
"Kita juga telah bekerjasama dengan Forkorpimda atau Instansi terkait lainnya dalam mengawasi apabila terjadi kebakaran hutan. Langkah awal tentu kita memberikan imbauan kepada masyarakat dan perusahaan untuk tidak melakukan pembakaran hutan secara ilegal," tegas Kapolda. 
 
Kemudian lanjut Syaiful, pihaknya juga akan melakukan Patroli gabungan secara rutin dengan cara monitor situasi di sekitar kawasan hutan di Babel, apabila terjadi kebakaran tentu petugas sudah memiliki langkah cepat dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran.
 
Di sisi lain Kapolda juga, mengingatkan kepada masyarakat atau perusahaan apabila ada unsur kesengajaan atau unsur kelalaian dan memang sengaja membiarkan tentunya akan diproses. 
 
"Kalau ada unsur kesengajaan membakar hutan, itu ada ketentuan dan undang-undangnya serta unsur pidana kita juga akan lakukan proses hukum sesuai UU," pungkas Syaiful.(man)
 

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top