Bupati Bangka Ingatkan Kades Tidak Korupsi

Bupati Bangka Ingatkan Kades Tidak Korupsi

Bangka

SUNGAILIAT, BBC - Bupati Bangka Tarmizi Saat mengingat Kepala Desa (Kades) dalam melaksanakan tugas pemerintahan akan banyak menghadapi permasalahan sosial. Permasalahan itu diantaranya terkait dengan kesejahteraan masyarakat.

"Bila ada warga yang sakit agar diberikan bantuan," kata Tarmizi, ketika melantik dan mengambil sumpah jabatan Ucha Patoredi sebagai Kepala Desa Riding Panjang Pengganti Antar Waktu Ucha Patoredi, Kamis (13/9) di desa Riding Panjang.

Kepala desa juga agar melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri bila mengalami gangguan keamanan di desa serta bila terjadinya bencana alam seperti banjir. Dalam pelaksanaan pembangunan, Bupati mengharapkan agar Kepala Desa dapat melakukan perencanaan, pelaksanaan pembangunan hingga evaluasi dengan melibatkan masyarakat.

Tarmizi Saat juga mengingatkan kepada Kepala Desa agar desa memiliki Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ), memilikiproduk unggulan, dan lain-lain.

Menyinggung tentang penggunaan anggaran desa ia mengharapkan Kepala Desa dapat menggunakan anggaran desa sesuai dengan aturan, tidak melakukan tindak pidana korupsi, serta dapat mempergunakan dana desa sesuai dengan peruntukkan dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

"Jangan coba -coba korupsi, PNS saja sekarang ini bila 1 hari saja dipenjara langsung diberhentikan,"  tegas Tarmizi.

Menurutnya, yang paling penting itu adalah bagaimana bisa membangun keperayaan masyarakat, bila masyarakat sudah tidak percaya kepada Kepala Desa maka akan sulit melaksanakan pemerintahan dan pembangunan karena tidak adanya dukungan dan partisipasi masyarakat.

Untuk itu ia mengingatkan Kepala Desa agar membangunan kepercayaan karena kepercayaan masyarakt itu sangat penting dalam melaksanakan roda pemerintahan desa. Selain itu untuk dapat sabar dalam menghadapi berbagai karakter dan sikap masyarakat.

Bupati minta kepada Kepala desa Riding Panjang yang baru dilantik untuk melibatkan masyarakat dalam membangun desa, sehingga terwujudnya kebersamaan yang akan mempercepat pelaksanaan pembangunan desa.

Kepala Desa Riding Panjang pengganti antar waktu yang dilantik Ucha Patoredi menggantikan pejabat Kepala Desa sebelumnya Yuhaidir. Usai pelantikan Kepala Desa Riding Panjang dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Tim Penggerak Desa Riding Panjang oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Merawang.(rel)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top