Quick Response Bencana Palu, PWI Babel dan SMSI Buka Posko Kemanusiaan
Ketua PWI Bangka Belitung M. Faturakhman. (foto-ist)

Quick Response Bencana Palu, PWI Babel dan SMSI Buka Posko Kemanusiaan

beritababel

PANGKALPINANG, BBC - prihatin atas bencana gempa bumi beserta tsunami yang meluluhlantakan Palu dan Donggala Sulawesi Tengah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) provinsi Babel, membentuk posko kemanusiaan. Ketua PWI Babel, M. Faturakhman yang menginisiasi reaksi cepat para jurnalis ini mengatakan bahwa Posko kemanusiaan tersebut dimaksud untuk menghimpun bantuan dari masyarakat umum atau pun donatur yang ingin membantu korban bencana Palu-Donggala.

Kepada BBC, ketua PWI yang akrab disapa Boy ini mengatakan, berdasarkan informasi dari rekan-rekan pers yang saat ini melakukan liputan di Sulteng, situasi di sana sangat buruk, kritis dan memprihatinkan. Hal ini sangat membutuhkan kepedulian dari berbagai pihak untuk dapat memberikan bantuan kepada masyarakat yang saat ini terancam kesehatannya.

"Kita sesama PWI di seluruh Indonesia terus saling koordinasi dan berbagi info terkait situasi terkini di Palu dan Donggala. Intinya siapapun di sana pada saat ini butuh bantuan sesegara mungkin. Karena bisa dikatakan masyarakat yang terkena bencana tersebut saat ini hanya meninggakalan pakaian di badan saja. Kekurangan air bersih, kekurangan makanan serta pakaian layak pakai. Oleh karena itu kita tergerak sebagai manusia, berkewajiban ikut membantu saudara-saudara kita yang ada di Palu dan Donggala. Sebagai langkah cepat, kita dirikan Posko kemanusiaan yang tujuannya untuk menghimpun bantuan masyarakat Babel, untuk kemudian segera kita distribusikan ke lokasi Bencana," jelas Boy.

Ia menambahkan bahwa Posko yang bentuk PWI yang berlokasi di Sekretariat PWI Babel Jalan Sudirman Pangkalpinang ini menghimpun berbagai bentuk bantuan dari masyarakat, mulai dari pakaian layak pakai, bahan makanan atau berupa uang tunai. Posko ini sendiri direncanakan diddirikan hingga akhir pekan ini, untuk kemudian segera di salurkan kepada warga Palu dan Donggala. Gerakan ini pun sudah dihimbau kepada seluruh anggota PWI di Kabupaten untuk dapat ikut menghimpun bantuan di wilayah masing-masing.

"Mari kami mengajak masyarakat Babel untuk peduli. Bencana ini adalah bencana bersama. Kita sesama bangsa Indonesia bersaudara. Sedikit pun uluran tangan dari kita inshaa Allah akan sangat membantu meringankan duka saudara-saudara - kita di Palu dan Donggala. Kami juga membuka rekening PWI Peduli Bencana, di Bank Mandiri dengan nomor 169-000-310-787-4 atas Nama Nico Alpiandy selaku ketua SMSI. Jika ada rekan-rekan donatur yang ingin menyalur bantuan tunai dapat menyalurkannya melalui rekening tersebut.," tutupnya.(did)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top