Terkubur di TN Akui, Jasad Jum Operator PC Belum Ditemukan
Proses pencarian jasad Jum, operator alat berat yang terkubur longsor di TN Akui di Sungai Tenam Dusun Jebu Laut Kecamatan Parit Tiga Kabupaten Bangka Barat. (foto-did)

Terkubur di TN Akui, Jasad Jum Operator PC Belum Ditemukan

Bangka Barat

PARITTIGA, BBC - Jum (38) warga Dusun Kedondong Desa Tumbak Petar, hingga Selasa (2/10/18) petang masih belum berhasil ditemukan, jasad bapak dua anak yang menjadi operator alat berat Excavator (PC) yang bekerja di kawasan TN milik Sukamto alias Akui tersebut terkubur saat longsor terjadi di salah satu lubang tambang Selasa pagi sekitarpukul 10.15 wib. 
 
Kendati usai longsor di tambang Akui yang berada di daerah Sungai Tenam Dusun Jebu Laut Kecamatan Parit Tiga Kabupaten Bangka Barat tersebut langsung dilakukan pencarian. Namun hingga Selasa menjelang malam nasib Jum belum diketahui.
 
Keterangan yang dihimpun BBC, malang yang dialami Jum berawal saat Jum mengoperasikan PC Hitachi untuk mengeruk tanah produksi di tambang Timah milik Sukamto alias Akui (51)  warga Jalan Air Kuang Desa Air Kuang Kecamatan Jebus ini. Lokasi ini sendiri merupakan Kawasan APL dengan Kuasa Pertambangan milik PT Timah Tbk. Sebetulnya Jum sendiri sempat mengngatkan beberapa rekan kerjanya ada potensi longsor terhadap tanah yang sedang digarapnya. Jum pun meminta rekan-rekannya yang berada di bawah untuk naik ke atas. Jum sendiri pada detik-detik terakhir menjelang runtuhnya tanah tambang, sempat berusaha melompat keluar dari dalam Excavator Hitachi warna orange yang dioperasikannya.
 
Malang bagi Jum, longsoran tanah justru lebih cepat menerjang ke arahnya, dan langsung menimbun Jum bersama PC nya. sesaat kemudian, menyadari salah satu rekannya tertimbun dalam longsoran tanah, rekan-rekan Jum langsung bereaksi melakukan pencarian untuk mengevakuasi Jum, menggunakan dua PC Hitachi dan satu PC Hitachi mini. Tak hanya itu, beberapa unit PC lainnya yang masih dalam perjalanan menuju lokasi kecelakaan untuk melakukan pencarian jasad Jum.
Sukamto alias Akui sendiri saat dikonfirmasi mengaku bahwa operator alat beratnya tersebut masuh belumdiketahui nasibnya. "Hingga saat ini korban bersama PC Hitachi belum ditemukan," jelas Akui saat dikonfirmasi
 
Hingga berita ini diturunkan terlihat puluhan masyarakat, jajaran anggota Polsek Jebus, TNI dari Koramil 06 Jebus,  Satpam maupun Karyawan PT Timah Tbk, dan semua pihak berada di lokasi TKP masih menunggu proses pencarian korban.(did)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top