Bupati Bangka Lauching Timah Corner

Bupati Bangka Lauching Timah Corner

Bangka

SUNGAILIAT, BBC - Bupati Bangka Mulkan melaunching Timah Corner yang berada di lantai II Kantor Bupati Bangka, Selasa (16/10).

Timah Corner yang dikelola Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka bekerjasama dengan PT Timah Tbk yang menampilkan informasi tentang sejarah aktifitas penambangan di kabupaten Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung umumnya sudah dimulai sejak abad ke 17.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan, arsip sebagai sumber informasi dapat berguna untuk mendorong terwujudnya tujuan dibidang kearsipan seperti diamanatkan Undang Undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan.  Sekaligus sebagai upaya mendorong  sadar tertib arsip.

Dijelaskannya, Timah Corner merupakan tempat khusus yang dibangun dipojok yang berada dilingkungan kantor Bupati Bangka sebagai bentuk dari upaya penyelelamatan arsip statis, khusus tentang sejarah perjalanan penambangan yang ada di kabupaten Bangka.

Tujuan dari pembentukan Timah Corner diantaranya sebagai upaya penyelamatan arsip sejarah timah di kabupaten Bangka, sebagai wadah informasi yang menyediakan bahan tentang sejarah timah Bangka, dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya dokumen arsip statis yang bersifat sejarah dan menudukung gerakan nasional budaya sadar tertib arsip.

Dengan adanya Timah Corner ini diharapkan generasi muda dan masyarakat dapat mengetahui perjalanan sejarah timah di Bangka.

“ Kami berterimakasih kepada Pt Timah Tbk atas dukungan dan kerjasama dalam pembentukan timah corner ini, kedepan semoga Timah Corner dapat menjadi daya tarik bagi para tamu yang datang di kantor Bupati Bangka dan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah timah di Bangka,” papar Mulkan.

Launching Timah Corner dikantor Bupati Bangka juga dihadiri Kepala Museum Timah Indonesia, perwakilan dari dinas Kearsipan dan perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka. (rel)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top