Wabup Bangka Buka Sosialisasi Program Pengendalian Penduduk

Wabup Bangka Buka Sosialisasi Program Pengendalian Penduduk

Bangka

SUNGAILIAT, BBC - Wakil Bupati (Wabup) Bangka Syahbudin membuka secara resmi sosialisasi program pengendalian penduduk bersama mitra, Selasa (6/11/2018) di Gedung Sepintu Sedulang, Jalan A. Yani, Sungailiat.

Wabup Bangka, Syahbudin, dalam sambutannya mengatakan, program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga merupakan suatu upaya pengendalian penduduk melalui pengaturan kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan melalui pemakaian alat kontrasepsi, promosi, perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga berkualitas melalui peningkatan kesehatan, pendidikan, nilai agama, perekonomian, nilai sosial dan budaya.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan informasi mengenai program pengendalian penduduk, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga kepada masyarakat, terutama generasi muda yang diwakili oleh pelajar mengenai isu-isu kependudukan sehingga dapat memiliki pengetahuan serta pemahaman dalam pembangunan kependudukan, serta usaha dalam mewujudkan keluarga berkualitas dan terkendalinya jumlah penduduk di Kabupaten Bangka," ungkap Wabup Bangka.

Dikatakannya lagi, berdasarkan data statistik BKKBN hingga September 2018 menunjukkan capaian peserta KB baru di Kabupaten Bangka sebesar 55,2 % berada di bawah capaian peserta KB baru Provinsi Babel sebesar 56,62 % sedangkan tingkat partisipasi pasangan usia subur di Bangka dalam menggunakan alat kontrasepsi sudah cukup tinggi sebesar 79, 1 %.

"Ini harus menjadi pemicu usaha kita dalam mengajak masyarakat untuk mengikuti program KB. Para remaja adalah harapan bangsa yang mana harus memiliki visi ke depan, berkualitas, maju, kreatif, inovatif, mandiri, dan berahlak mulia. Dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan capaian hasil pelayanan KB di Bangka serta guna menumbuhkan pengetahuan tentang isu kependudukan, maka diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik," harap Syahbudin.

Sementara itu, Zulwandi Batubara, ketua panitia, dalam laporannya menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman tentang permasalahan kependudukan kepada masyarakat. "Para peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 250 orang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat," jelas Zulwandi. (Edo/Foto : Aldi/Humas)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top