Demokrat Akan Tempati Satu Kursi Pimpinan DPRD Pangkalpinang

Demokrat Akan Tempati Satu Kursi Pimpinan DPRD Pangkalpinang

Politik

PANGKALPINANG, BBC - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkalpinang resmi menyelesaikan pleno rekapitulasi penghitungan suara, Sabtu dinihari (4/5/2019) sejak dimulai pada Kamis lalu di Ballroom Hotel Sahid Pangkalpinang.

Berdasarkan hasil pleno dari 7 mecamatan di Pangkalpinang, hanya 9 partai partai politik (parpol) yang berhasil lolos mengamankan kursi di DPRD Pangkalpinang periode 2019-2024 untuk mengisi 30 kursi legislator.

Menariknya, Partai Hanura tak kebagian kursi untuk periode ini. Sementara di kursi pimpinan akan terjadi pergeseran sesuai perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2019 diraih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan perolehan 15.042 suara, Partai Demokrat 11.701 suara dan Partai Gerindra 10.810 suara.

Berbeda dengan periode dulu 2014-2019, kursi pimpinan dipegang tiga parpol yakni Gerindra, PDIP dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun di periode ini, partai berlambang ka'bah hanya memperoleh suara 10.448 dan terpaksa harus merelakan kursi pimpinan untuk Partai Demokrat.

Untuk perolehan kursi di DPRD Pangkalpinang, yakni PDIP 4 kursi, Demokrat 4 kursi, Gerindra 4 kursi, PPP 4 kursi, Nasdem 4 kursi, Golkar 4 kursi, PKS 3 kursi, PAN 2 kursi dan PKB 1 kursi.

“Kita sudah menyelesaikan rekapitulasi di tujuh kecamatan tinggal menunggu berita acaranya. Nanti akan dibagikan masing-masing kepada saksi parpol, saksi DPD dan presiden wakil presiden,” kata Ketua KPU Pangkalpinang, Penti.(mia/bbc)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top