Hingga Rabu Malam, Korban Laka Maut Bus Sriwijaya Sudah 35 Orang
Proses evakuasi badan bus Sriwijaya yang terjun ke jurang sedalam 100 meter di jalur Liku Lematang Kecamatan Dempo, KOta Pagaralam Sumatera Selatan. (foto-net)

Hingga Rabu Malam, Korban Laka Maut Bus Sriwijaya Sudah 35 Orang

Nasional

PANGKALPINANG-BBC- Hingga Rabu (25/12) malam, tercatat sebanyak 35 orang dinyatakan tewas. Mereka adalah penumpang bus Sriwijaya yang mengalami kecelakaan di Liku Lematang kecamatan Dempo Kota Pagaralam Selasa (23/12) tengah malam lalu. Bus Jenis Mitsubishi Fuso rakitan 1999 milik Po Sriwijaya Ekspress tersebut terjun ke jurang sedalam lebih kurang 100 meter hingga mendarat di aliran sungai berarus deras. Data ini sendiri dirilis oleh Tim SAR gabungan, yang hingga berita ini diturunkan masih terus melakukan pencarian terhadap para korban. Sedangkan korban selamat berjumlah 13 orang masih menjalani perawatan di RSUD Basemah Kota Pagaralam. Dari 35 orang korban tewas tersebut termasuk diantaranya sopir bus bernama Very dan seorang kernet.

Mengutip dari haluan.co,  Kepala Kantor  Basarnas Palembang, Berty D. Y Kowaas mengatakan bahwa hingga hari kedua pasca kecelakaan masih menunggu laporan dari masyarakat terkait keluargannya yang diketahui ikut dalam perjalanan Bus pada malam itu. Hal ini dikarenakan penumpang yang ada dalam bus naas tersebut tidak semuanya terdata dalam manivest, diketahui bahwa sebagian penumpang naik jalan atau menghentikan bus di perjalanan. Ketidak pastian jumlah penumpang ini lah yang akhirnya menyulitkan Tim SAR memastikan apakah semua korban telah dievakuasi, atau masih ada yang belum ditemukan.

Jika mengacu pada data dari Polda Sumsel, dikonfirmasi jumlah penumpang sebanyak 54 orang, ini artinya masih tersisa 6 orang penumpang lagi yang belum ditemukan. Kesulitan lainnya adalah medan di mana badan bus AKAP bernopol BD 7031 AU terjatuh. Diketahui Sungai Desa Plang Kenidai Kecamatan Dempo tersebut selain cukup dalam dan dikenal berarus cukup deras.

Berty menanbahkan bahwa pencarian yang dilakukan oleh Tim SAR gabungan ini telah meluas hingga radius 5 kilometer dari titik kejadian. Badan Bus naas berkelir biru tersebut pun saat ini sudah dievakuasi beberapa meter dari lokasi jatuh pertama. Dan seluruh korban yang terjebak dalam badan bus telah dievakuasi. Namun semuanya dinyatakan dalam keadaan tewas. Sebagian penumpang yang telah teridentifikasi diserahkan ke pihak keluarga untuk dikebumikan.

"Pencarian akan kami lakukan sampai semua korban sudah ditemukan. Sedangkan semua korban yang sudah dievakuasi dibawa ke RSUD Basemah Pagaralam untuk diidentifikasi tim Bidokkes Polda Sumsel," jelas Berty, seperti dikutip dari haluan.co.(lia)

 

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top