Gubernur Erzaldi Serahkan Bantuan Untuk Tingkatkan Nilai Tukar Petani

Gubernur Erzaldi Serahkan Bantuan Untuk Tingkatkan Nilai Tukar Petani

Advertorial

 

SIMPANG KATIS BBC - Serahkan bantuan kepada petani/peternak Pulau Bangka di Desa Katis, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (14/8/20), Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman harap pemberdayaan para petani seperti ini dapat menunjang nilai tukar petani agar lebih meningkat.

Dalam rangka meningkatkan sektor pertanian di Babel, Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merealisasikan program kegiatan intensifikasi tanaman lada dan peternakan sapi tahun 2020 melalui bantuan-bantuan sesuai kebutuhan masyarakat di lapangan.

Tujuan pemprov memberi bantuan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani/peternak menjadi lebih baik lagi dalam menjalankan usaha pertanian dan peternakannya hingga meningkatkan perekonomian.

Berbagai bantuan hari ini diberikan ke Desa Katis kepada kelompok-kelompok tani dan ternak untuk mengakomodir tiga kecamatan, di antaranya Kecamatan Simpang Katis, Kecamayan Namang, dan Kecamatan Sungai Selan.

Dilanjutkan pada hari Rabu mendatang, bantuan juga akan diserahkan ke Kecamatan Lubuk dan Koba.

Gubernur Erzaldi pada kesempatan ini didampingi Kepala Dinas Pertanian Babel dan Camat Simpang Katis, serta Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah.

Di bidang perkebunan, anggaran bersumber dari APBD-I 2020, kegiatan intensifikasi tanaman lada khusus Bangka Tengah diberikan untuk tanah seluas 250 hektar, berupa pupuk NPK dan pupuk organik.

Untuk anggaran APBN diberikan untuk tanah seluas 100 hektar, digunakan untuk 80.000 batang benih lada dan 20.000 kg pupuk organik.

Di bidang peternakan, bantuan diberikan kepada dua kelompok berupa 10 ekor sapi betina Peranakan Ongole (PO), alat pengolahan pakan (sleder), pakan ternak seluas satu hektar berupa Hijauan Pakan Ternak (HPT), dan 2.000 polybag indigofera.

Program lain yang juga disampaikan pada kesempatan yang sama adalah bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) melalui program gerakan pengambangan pengelolaan pakan berkualitas. Bantuan yang diberikan untuk luasan tanah 155 hektar, berupa bibit padi ladang khusus.

Gubernur Erzaldi menegaskan kepada PPL yang bertugas pada tiap kecamatan untuk tidak berlama-lama menjelaskan kepada tiap kelompok.

“Apa yang disampaikan pemerintah ini untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Semoga berkah, lancar, serta sejahtera bersama,” ungkapnya.

Seperti kunjungan biasanya di tiap daerah, di Desa Katis kali ini Gubernur Erzaldi juga sempat memberikan kuis kepada masyarakat yang hadir dan memberikan hadiah kepada masyarakat yang berani dan benar menjawab pertanyaannya. Hal ini selalu dilakukan Gubernur Erzaldi untuk memberi semangat dan motivasi kepada warganya.(ril)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top