Kamis Sinergis Bantu Kembangkan Potensi Desa Kerakas

Kamis Sinergis Bantu Kembangkan Potensi Desa Kerakas

Advertorial

 

KERAKAS BBC - Menanggapi kendala yang dihadapi Karang Taruna Kawa Mua dari Desa Kerakas, Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi kembali mengunjungi Desa Kerakas dengan menggelar Kamis Sinergis dan mengajak Forum Kreatif Bangka Belitung, Kamis (1/10/20).

Berbagai potensi dari mulai donat ubi ungu, kelepon, ikan nila, dan ikan lele khas Kerakas membuat Ibu Melati ingin membantu potensi ini tumbuh dan berkembang menjadi andalan dari Desa Kerakas.

Kerambah Jala Apung, merupakan sebuah tambak ikan pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan Karang Taruna Kawa Mua dalam pengelolaan ikan lele dan ikan nila. Namun, tambak yang berdiri di tahun 2019 ini belakangan menghadapi kendala sehingga tambak ikan lele yang berpotensi mendorong Desa Kerakas belum dapat berkembang.

Kamis Sinergis yang diinisiasi Ibu Melati Erzaldi berhasil mempertemukan Forum Kreatif Bangka Belitung yang terdiri dari berbagai pengusaha muda di Bangka Belitung hingga Pemdes Kerakas dengan Karang Taruna Kawa Mua untuk membantu menyelesaikan kendala yang tengah dihadapi.

"Nanti kita akan bantu karang taruna untuk dibikinkan gimana konsepnya," ungkapnya.

Diskusi kecil ini memberikan berbagai macam gambaran pemecahan masalah, mulai dari pengalaman inovasi, sistem penjualan, branding, perawatan, pemanfaatan teknologi, serta pemanfaatan KUR yang dapat diterapkan di Kerambah Jala Apung.

"Tolong bersihkan sampah yang mengambang di tambak ikan. Buat jadwal, karena lokasi ini potensi. Ini menjadi tanggung jawab teman-teman semua, edukasi masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan. Inilah peran pemuda," ungkapnya.

Harapannya, selesai kegiatan ini anggota Karang Taruna Kawa Mua dapat mengambil ilmu dan pesan yang telah diberikan dan diimplementasikan sehingga dapat memberikan dampak sosial tidak hanya untuk pemuda karang taruna namun juga untuk masyarakat sekitar.

"Kenapa saya semangat? Karena saya melihat teman-teman di sini semangat. Jadi, sangat sayang kalau tidak kita lanjuti," ungkapnya.

Tidak hanya berhenti sampai di sini, Forum Kreatif Bangka Belitung yang akan menjadi fasilitator ini berencana untuk memonitor perkembangan Karang Taruna Kawa Mua dengan membuat grup percakapan dan pertemuan rutin.

Sekretaris Desa Kerakas berharap momen ini dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkembang karena, karang taruna tidak hanya bergerak di bidang sosial namun, juga dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi agar bermanfaat bagi orang banyak.

"Terima kasih kepada Ibu Melati. Kami berharap ada semacam pembinaan atau bimbingan agar potensi di desa kamj makin berkembang," ungkap Ketua Karang Taruna Kawa Mua, Rian Febrianto.

Pada kesempatan ini juga, untuk mendukung kegiatan Majelis Taklim Kerakas, Ibu Melati Erzaldi menyerahkan bantuan berupa sound system portable.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Desa Kerakas, Kepala Dinas KUKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala UPT Rumah Kemasan Babel, Forum Kreatif Bangka Belitung, anggota Karang Taruna Desa Kerakas, serta anggota Majelis Taklim Kerakas.(ril)



Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top