Pemkot Pangkalpinang Hadiri Undangan Rapat Pemanfaatan Teknologi AI Computers Vision

Pemkot Pangkalpinang Hadiri Undangan Rapat Pemanfaatan Teknologi AI Computers Vision

Advertorial

 

 
 

Bangka Belitung BBC -- Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Suparyono mewakili Pemerintah Kota Pangkalpinang menghadiri undangan rapat membahas tentang Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Computer Vision Guna Menunjang Implementasi Protokol Kesehatan Covid-19 di daerah, Kamis (8/10/2020).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) secara virtual  dan dilaksanakan di Ruang OR Kantor Walikota Pangkalpinang juga dihadiri oleh Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah, Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Goverment Diskominfo Kota Pangkalpinang.

 

Pada masa new normal seperti saat ini penerapan protokol kesehatan menjadi penting di masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Untuk itu upaya mendorong masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak satu sama lainnya tetap terus disosialisasikan.

 

Menurut Ketua Dewan Pengurus APEKSI salah satu tantangan pemerintah dalam pendisiplinan masyarakat mematuhi protokol kesehatan adalah keterbatasan kemampuan cakupan monitoring mobilisasi publik,  seperti saat ini masih manual dengan menempatkan aparat di titik-titik tertentu.

Agar lebih efektif pengawasan perlu memanfaatkan teknologi seperti CCTV yang memang di beberapa tempat publik sudah tersedia.

CCTV tersebut dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas pemantauan mobilisasi publik misalnya untuk analisis data, mobilitas kendaraan, manusia dan solusi untuk mendeteksi masyarakat yang memakai atau tidak memakai masker (face-mask detection).

Beberapa daerah yang sudah menerapkan teknologi computer vision berbasis AI dalam menunjang implementasi penanganan covid-19 hadir menjadi narasumber yaitu Wakil Gubernur Jawa Timur, Kepala diskominfo DKI Jakarta, perwakilan pemkot Manado, perwakilan pemkot Semarang, perwakilan BNPB, CEO PT Nodeflux Teknologi Indonesia, serta president of cloud and AI business huawei Indonesia. (Rb) 

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top