Ketua Dekranasda Melati Erzaldi Terapkan Jas Merah di Muntok

Ketua Dekranasda Melati Erzaldi Terapkan Jas Merah di Muntok

Advertorial

 

MUNTOK BBC – Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi mengunjungi wisata bersejarah Pesanggarahan Menumbing, Senin (19/10/20) yang menjadi saksi bisu perjuangan para tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia.

Seperti kata pepatah “Jas Merah” yang artinya jangan melupakan sejarah. Ketua Dekranasda Melati Erzaldi tidak melewatkan wisata sejarah yang ada di Muntok ini. Menurutnya, banyak pembelajaran yang bisa didapatkan ketika kita memperluas wawasan untuk mengenal sejarah yang mana, di Pesanggarahan Menumbing ini terdapat fakta-fakta sejarah yang belum banyak diketahui publik.

“Ternyata banyak tokoh yang pernah diasingkan di Pesanggarahan Menumbing,” ungkapnya.

Pesanggarahan Menumbing ini sering dikenal dengan tempat pengasingan Soekarno padahal, terdapat sekitar delapan pejuang kemerdekaan yang ikut diasingkan oleh antara lain Soekarno, Mohamad Hatta, Agus Salim, Mohamad Roem, Soerjadi Soerjadarma, Assa at, Ali Sastroamidjojo, dan A. G. Pringgodigdo.

Dalam penjelasannya pada gambar Ir. Soekarno, terlihat Ir. Soekarno melaksanakan gerak jalan bersama pemuda olahraga Indonesia. Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi menjelaskan hal ini menjadi salah satu cikal bakal KONI.

“Walaupun diasingkan, Ir. Soekarno tetap menikmati hidupnya,” ungkapnya.

Ketika masih diasingkan, Ir. Soekarno melaksanakan gerak jalan dengan pemuda dari Kota Muntok menyusuri Pantai Laut Selat Bangka sampai ke Tanjung Kalian dan kembali lagi menuju daratan.

Fakta lain yang belum diketahui orang banyak adalah bahwa sang saka bendara merah putih pernah berada di Muntok. Bendera tersebut dibawa dalam keadaan terpisah antara warna merah dan putih agar tetap aman.

Struktur bangunan dari pesanggrahan ini tidak mengalami perubahan yang signifikan. Sejak dulu ciri khas bangunan dipertahankan untuk menjaga keaslian sejarah, kearifan, sekaligus memberikan pelajaran bagi pengunjung.

“Dari sini, bisa lihat pemandangan indah. Laut dan pemandangan kota bisa tampak. Kalian yang mau cari inspirasi bisa datang ke sini,” ungkap Ketua Dekranasda Melati Erzaldi.

Tak lupa, Ibu Melati Erzaldi mengajak wisatawan untuk tidak melewatkan kunjungannya ke Pesanggahan Menumbing ketika berada di Kabupaten Bangka Barat.(ril)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top