Badan Permusyawaratan Desa Harus Bertugas di Desanya Dengan Baik

Badan Permusyawaratan Desa Harus Bertugas di Desanya Dengan Baik

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman tegaskan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk terlibat aktif dalam setiap pembangunan desa, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 tahun 2016 tentang BPD.

Hal ini dikatakan Gubernur Erzaldi saat membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah Daerah I Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (22/10/20).

ABPEDNAS merupakan wadah berkumpulnya anggota BPD guna membahas berbagai permasalahan di desa dan mendukung program kerja pemerintah, baik pemprov maupun kabupaten untuk mencapai kemandirian desa dan kejayaan bangsa Indonesia.

Dalam musyawarah daerah pertama ini akan terbentuk kepengurusan, Gubernur Erzaldi berharap anggota BPD dapat menjalankan peran dan fungsinya sebagai mitra kerja pemdes serta dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia sebagai anggota BPD.

"Musda ini memang harus dilaksanakan agar dapat berkonsolidasi antar seluruh anggota BPD se-Babel untuk musyarawah dan mufakat untuk pembangunan Babel lebih baik lagi dimulai dari desa masing-masing," ungkap Gubernur Erzaldi.

"Musda seperti ini harusnya mampu menjadi ajang bertukar pengalaman, mengakomodir harapan, silahturahmi untuk masyarakat desa masing-masing," tambahnya.

Gubernur Erzaldi mengapresiasi pihak penyelenggara yang telah mempersiapkan musda seperti ini hingga bisa terlaksana dengan baik. Dalam pelaksanaannya diharapkan disesuaikan dengan acuan organisasi ini.

"Musyawarah ini juga perlu dilakukan seperti ibadah, karena ibadah dilaksanakan dengan cara yang halal. Jangan pernah bermaksud menguasai lembaga ini dan keluar dari maksud itu," ajaknya.

Di akhir musda juga akan diadakan pelantikan dan pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Erzaldi dan Kapolda Babel, Anang Syarif yang juga hadir, mendapat piagam penghormatan dan baju Abpednas dari Ketua Umum DPP Abpednas atas partisipasi dan kehadiran.

"Saya minta kepada calon BPD nantinya agar di jalan dengan baik. Jangan gunakan cara buruk agar organisasi ini juga baik," ungkap Gubernur Erzaldi.

"Saya akan membantu dengan sepenuh hati jika dilaksnakan dengan baik untuk kemajuan desa masing," ungkap Ketua TP PKK Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi yang juga hadir hari ini.(ril)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top