Pegelaran Seni Dambus Resmi dibuka oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan

Pegelaran Seni Dambus Resmi dibuka oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan

Advertorial

 

 

Pangkalpinang BBC – Pegelaran seni dambus di kota Pangkalpinang tahun 2020 di Kampoeng tiga orang resmi dibuka oleh walikota Pangkalpinang yang diwakili Kepala bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan kebudayaan kota Pangkalpinang Ratna Purnamasari, Rabu (23/10/20).

Kepala bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan kebudayaan kota Pangkalpinang Ratna Purnamasari mengatakan gelar seni Dambus tak luput dari mempertontonkan komposisi rasa pendambus itu sendiri dimana pagelaran ini merupakan bentuk komunikasi antara pencipta seni dan penikmat seni.

“Para seniman menciptakan karya seni dengan tujuan untuk mengaktualisasi seni yang diciptakan, sedangkan bagi penikmat seni dapat menjadikan bahan apresiasi,” Ungkapnya

Ia juga menjelaskan keberadaan kesenian tradisional di suatu daerah dapat diperkenalkan kepada generasi penerus akan nilai-nilai atau norma-norma yang terdapat didalamnya.

“Dengan memahami kebudayaan daerah secara tidak langsung kita telah menghormati apa yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita terdahulu, ” Jelasnya

Ratna menyebutkan bahwa peranan dan kedudukan kesenian tradisional Dambus sangat penting keberadaannya dalam kehidupan masyarakat kota Pangkalpinang

“Kesenian tradisional Dambus ini harus selalu dijaga, agar warisan budaya ini tidak hilang begitu saja, ” sebutnya.

Selanjutnya ia menegaskan ditengah pengaruh globalisasi saat ini sangatlah penting kita berusaha berjuang untuk melestarikan budaya Dambus, dengan harapan budaya ini tidak hilang oleh budaya barat yang saat ini sangat mudahnya keluar masuk.

“Dengan diadakannya gelar seni dambus mudah mudahan dapat selaras dengan pelestarian kesenian tradisional pada masyarakat kota Pangkalpinang, ” pungkasnya.

Jika menurut Ki Hajar Dewantara seni adalah hasil dari keindahan yang dapat menggerakan perasaan seseorang tentang keindahan bagi yang melihatnya. (rb)

 

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top