Kementerian Kelautan dan Perikanan Akan Kembangkan Perikanan Darat di Babel

Kementerian Kelautan dan Perikanan Akan Kembangkan Perikanan Darat di Babel

Advertorial

 

TANJUNG GUNUNG BBC - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol. Anang Syarif Hidayat menerima audiensi Kepala Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Arif Wibowo, di Pantai Pan Semujur, Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (26/10/20)

Kehadiran Kementerian Kelautan RI ini dalam rangka rencana pengembangan perikanan lokal di Bangka Belitung.

Dalam pertemuan itu Gubernur Erzaldi mengapresiasi usaha Kementerian Kelautan yang telah melakukan penelitian, khususnya tentang pemanfaatan kolong-kolong ekstambang sebagai sarana untuk mengembangbiakkan ikan-ikan hias lokal Bangka Belitung yang bernilai, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Terkait hal itu, Pemprov. Babel memberikan dukungan dan rekomendasi kepada Kementerian KKP untuk segera melakukan kerja sama dengan perusahaan pertambangan serta kabupaten/kota di Bangka Belitung yang mempunyai kewenangan akan pengelolaan ikan air tawar ini.

Gubernur Erzaldi juga merekomendasikan Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka sebagai tempat untuk melaksanakan projek langkah awal, serta berharap dan mendorong agar Kementerian Kelautan dan Perikanan RI mendirikan unit pelaksana tugas di Bangka Belitung karena besarnya potensi perikanan yang dimiliki.

Sementara itu, Kepala Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Arif Wibowo dalam laporannya menyampaikan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI akan melaksanakan program “Pelangi”, yaitu Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang Untuk Pengembangan Perikanan.

Oleh sebab itu, pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI mengharapkan dukungan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam melaksanakan program tersebut. Bangka Belitung memiliki habitat ikan darat lokal yang bila dikembangkan akan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, sehingga dapat menjadi salah satu penyangga ekonomi di daerah ini.

Dalam pengembangan beraneka ragam ikan hias air tawar Bangka Belitung ini juga akan dibuat sebuah kawasan konservasi perikanan darat.

Terkait permohonan Gubernur tentang UPT Kementerian Kelautan Perikanan di Bangka Belitung, pihaknya akan menyampaikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI sekaligus melaporkan seluruh potensi perikanan yang ada.

Ikut hadir Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, Dasminto  Staf Khusus Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Saparuddin dan Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Bangka Tengah.(ril)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top