Ketua Dekranasda Babel Sempatkan Diri Untuk Promosikan Produk UMKM Babel

Ketua Dekranasda Babel Sempatkan Diri Untuk Promosikan Produk UMKM Babel

Advertorial

 

PAN SEMUJUR BBC – Di tengah kesibukan, Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi mengosongkan waktu untuk terus promosikan produk-produk UMKM Babel. Sembari menikmati indahnya pantai, Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Babel bersama para pelaku UMKM, menginformasikan produk UMKM Babel yang tidak kalah saing.

Setelah para pelaku UMKM mendapatkan bimbingan mulai dari pengolahan hingga pengemasan produk, Ibu Melati masih turut mendukung pemasaran produk dengan cara yang tidak biasa yaitu, memasarkan produk UMKM di destinasi wisata Pan Semujur, Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah, Senin, (26/10/2020).

Sembari memasarkan produk UMKM, secara tidak langsung, Ibu Melati juga ingin memperlihatkan keindahan alam yang dimiliki Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya pesona Pantai Pan Semujur.

“Ini bagian favorit saya, camilan-camilan Bangka Belitung. Karena produksi ikan kita melimpah. Rasa ikannya berasa banget dan murah,” ungkap Ketua Dekranasda Melati Erzaldi.

Babel merupakan wilayah kepulauan yang memiliki sumber daya kelautan melimpah. Tak heran produk-produk yang dihasilkan didominasi oleh produk yang berasal dari laut. Beragam camilan yang ikut dipromosikan, antara lain getas tinta cumi, getas tenggiri, keripik ebi, kemplang udang goreng, ampiang udang, ampiang ikan, dan juga kemplang panggang.

Produksi tekstil Babel juga tak kalah bergengsi. Dengan kekayaan flora dan fauna khas daerah, membawa seniman menciptakan kreasi gambar-gambar batik yang tidak biasa. Mulai dari gambar alat musik khas Babel dambus dan pola batang lada memberikan motif yang indah untuk "dibatikkan".

“Ada pula motif bunga cempaka produksi batik kampung katak, juga Yang menarik adalah, kain bekas perca saja bisa dijadikan perhiasan kalung,” ungkapnya.

Yang terakhir adalah kerajinan lidi nipah dari Deshanda Craft. “Kita akan terus dampingi produk lidi nipah hingga bisa mendapati kualitas berstandar ekspor karena sangat berpotensi,” pungkas Ibu Melati

Tak lupa Ketua Dekranasda Melati Erzaldi turut mengajak masyarakat untuk memanfaatkan produk UMKM.

“Ayo kita sama-sama membeli produk UMKM Bangka Belitung!” tutup Ketua Dekranasda, Melati Erzaldi.(ril)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top