Pemkab Bangka Kembali Meraih Predikat Pemerintah Daerah Paling Inovatif Di Indonesia Tahun 2020

Pemkab Bangka Kembali Meraih Predikat Pemerintah Daerah Paling Inovatif Di Indonesia Tahun 2020

Advertorial

 

 
 

Jakarta BBC — Kementerian Dalam Negeri setiap tahun menyelenggarakan penilaian kepada Pemerintah Daerah lnovatif dengan sebutan Innovative Government Award (IGA). Penilaian tersebut dilakukan dengan mekanisme Pengukuran lndeks lnovasi Daerah. Pada tahun 2020 ini terhimpun sebanyak 14.897 inovasi yang disampaikan oleh 485 Pemerintah Daerah di Indonesia, baik Provinsi, Kabupaten maupun Kota. Dari penilaian inovasi tersebut, Kementrian Dalam Negeri kemudian menetapkan 12 Pemerintah Kabupaten sebagai Pemerintah Kabupaten Terinovative di Indonesia untuk tahun 2020 sebagai finalis Innovative Government Award , salah satunya adalah Pemkab Bangka. INFORMASI KEBERHASILAN INI DISAMPAIKAN Kementrian Dalam Negeri melalui surat No:002.6/5929/SJ, tanggal 26 Oktober 2020.

Dengan keberhasilan ini, pada tanggal 4 November 2020, Bupati dan Kepala Bappeda Bangka akan melakukan presentasi dihadapan tim Panelis yang terdiri dari Pakar Inovasi Indonesia dari berbagai Kementrian dan Perguruan Tinggi dan Para Profesional, yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan lnovasi Nasional, Bappenas, Lembaga Administrasi Negara, Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia, Universitas Indonesia, Kamar Dagang dan lndustri Indonesia, Media dan UCLG-ASPAC.

Bupati Bangka, Mulkan menyambut baik dan sekaligus memberikan apresiasi luar biasa terhadap pencapaian ini. Bayangkan saja, kami menjadi 12 kabupaten paling inovatif di Indonesia yang jumlahnya mencapai 416 kabupaten dan Kami menjadi satu-satunya Pemda terinovatif di Bangka Belitung. Pencapaian ini meneruskan prestasi yang sudah diraih dalam kurun waktu tahun 2020 ini, yaitu penghargaan atas Kinerja Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dari Kementrian PAN-RB, Penghargaan Pembangunan Daerah dari Bappenas, Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dari BPK dan Sinovik Award dari Kementrian PAN-RB. Seluruh pencapaian dan pengharagaan tersebut memang sudah kami targetkan sejak awal dalam rangka memenuhi target pencapaian visi-misi Bangka Setara. Insya Allah, hari Rabu, 4 Oktober, kami siap mempresentasikan berbagai inovasi yang sudah dan akan kami lakukan dihadapan dewan juri.

Kepala Bappeda, Pan Budi Marwoto menyatakan bahwa dalam periode “Bangka Setara”, kami menjadikan inovasi sector publik sebagai salah ujung tombak pembangunan. Inovasi ini sangat diperlukan untuk menciptakan peluang — peluang baru dalam mengelola tata pemerintahan dan kesejahterahaan masyarakat, juga diperlukan sebagai salah satu jalan atau bahkan breakthrough untuk mengatasi kemacetan dan kebuntuan pembangunan yang kadang-kadang terkesan rigid. Untuk memfasilitasi ide kreatif inovasi ini, kami sudah membentuk Laboratorium Inovasi Pemkab Bangka sebagai lembaga ad-hoc. Pengelolaan laboratotium inovasi tersbut dipayungi dengan Peratutaran Bupati sebagai legal standing-nya dan Bappeda sebagai Leading Sector-nya. Penghargaan Innovative Government Award 2020 ini salah satu saja penghragaan dari sekian penghragaan yang diraih Pemkab Bangka.  (Rel)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top