Karyawan Kecelakaan Kerja, Salah Satu Perusahaan Ikan Di Belitung Diduga Lepas Tanggung Jawab

Karyawan Kecelakaan Kerja, Salah Satu Perusahaan Ikan Di Belitung Diduga Lepas Tanggung Jawab

Belitung

 


Tanjungpandan, BBC- Ketua DPD KSPSI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi AR. BR sekaligus sebagai kuasa pekerja Sandro Amat (18) yang pada 26 Juni Tahun 2020 lalu mengalami kecelakaan pada saat bekerja sebagai nelayan pemanah ikan dengan menyelam didasar laut, merasa kecewa dengan pihak perusahaan.

Pasalnya, saat mediasi Rabu (28/10) dengan pihak perusahaan ( PT. Samudra Jaya) tempat Sandro bekerja untuk meminta keadilan menemui jalan buntu.

" Dari Pihak perusahaan bersikeras bahwa itu (Sandro) bukan karyawan dia " Kata Tarmizi.

Menurut Tarmizi, antara pekerja dengan pengusaha itu beda. Pengusaha yang membayar gaji yang memerintahkan itu pengusaha namanya. Sedangkan pekerja, itu yang menerima upah atau yang di perintah itu namanya pekerja. Berarti ada hubungan timbal balik antara pekerja dengan pengusaha.

" Mereka tidak terima, mereka beranggapan itu karyawan lepas. Jadi begitu dapat kecelakaan selesai, tidak ada urusan. Semuanya diserahkan kepada pihak keluarga. Jadi dimana tanggung jawab pihak perusahaan itu?. Dia yang ngerjakan, dia yang bayar gaji, bahkan dia yang memerintahkan untuk mengambil orang dari Flores untuk di bawa ke Belitung untuk bekerja di tempatnya," Papar Tarmizi.

Ia menilai pihak perusahaan tidak berprikemanusian karena menurutnya semenjak Sandro mengalami kecelakaan diduga tidak ada tanggung jawab dari pihak perusahaan.

" Sekarang kita pikir masuk akal gak, orang yang sakit macam ini, tidak di obati, tidak ditanggung dan bila perlu suruh pulang ke kampung halamannya. Di mana prikemanusiaan pihak perusahaan? ," Tegasnya.

Lanjutnya lagi Tarmizi menegaskan akan membawa kasus tersebut ke jalur hukum.

" Oleh sebab itu kami dari pihak kuasa pekerja akan membawa kasus ini ke tripartit dan bila perlu sampai ke pengadilan hubungan industrial," Tegasnya lagi.

Sementara itu MM bos tempat Sandro bekerja saat ditemui awak media diperusahaannya tidak banyak berkomentar.

" Jadi intinya mau wawancara aku, tapi harus didampingi Pak Hadi. Pak Hadi Karya pengacara kami," Kata MM. (Hen)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top