Lebaran Maulid Nabi Di Desa Balun ijuk Sepi karena Corona

Lebaran Maulid Nabi Di Desa Balun ijuk Sepi karena Corona

beritababel

Bangka BBC - Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagian desa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan lebaran seperti halnya hari raya Idul Fitri, bahkan biasanya suasana jauh lebih meriah dan ramai.

Namun dimasa Pandemi Covid 19 ini suasa lebaran Maulid Nabi tahun 2020 ini sangat sepi dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan pengakuan warga  Desa Balun Ijuk, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka belitung, Fajar yang juga merayakan Maulid Nabi dengan berlebaran mengeluh sepinya tamu yang datang kerumahnya.

"Tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya. Biasannya sepanjang jalan macet oleh kendaraan warga dari kota/kabupaten lainnya yang ingin bertamu, tapi tahun ini sepi. Mungkin dikarenakan Covid 19 sehingga masyarakat memilih merayakan Maulid dirumah saja bersama keluarga,” katanya, Kamis (29/10/2020)

Ia juga menambahkan, semenjak Covid 19, masyarakat lebih memilih untuk mengurangi aktivitas diluar. Selain itu, semenjak Covid 19 perekonomian masyarakat desa menurun.

“Tahun sebelumnya kita menyediakan daging ayam dan sapi hingga 60 kilo gram untuk menjamu para tamu yang datang tapi tahun ini kita hanya menyediakan sekitar 10 kilo gram ayam. Ini dikarenakan perekonomian masyarakat jauh menurun pada saat Pandemi Covid 19,” katanya.

“Berlebaran saat Maulid Nabi sudah menjadi tradisi warga Desa Balun ijuk namun untuk tahun ini sebagian warga tidak berlebaran dikarena kita lebih memilih untuk menggunakan uangnya untuk kebutuhan sehari-hari, di masa pandemi covid 19 kita harus mengikuti prokes yang di anjur oleh pemerintah agar memutus penyebaran Corona,” tuturnya. (robi)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top