Tekan Angka Penyebaran Covid-19, Ini Yang Dilakukan Satgas Kabupaten Bangka

Tekan Angka Penyebaran Covid-19, Ini Yang Dilakukan Satgas Kabupaten Bangka

beritababel

 

Bangka BBC - Dalam rangka untuk menekan angka dari penyenaranwabah covid-19, berbagai upaya dan kegiatanyang kini dilakukan oleh tim satgas covid-19 kabupaten bangka.Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan berbagai kegiatan tersebut untuk menekan angka penyebaran covid-19 diwilayah Kabupaten Bangka ini. Diantaranya kegiatan Penegakan Disiplin pengunaan masker ditempat keramaian pasar, warkop,tempat hiburan, tempat wisata, lalu lintas yang dilakukan bersama Polres Bangka, BPBD Bangka, TNI, TRC, Satpol PP. 

“Alhamdulillah sudah Hampir Dua Bulan dilaksanakan kegiatan tersebut dan peningkatan kesadaran didalam menggunakan masker sudah lumayan tinggi berkisar diatas 70 persen,” katanya di Sungailiat, Jumat (30/10) sore.

Selain itu pula, tadi sore Jumat (30/10) pihak BUMN dan Jasa Raharja Pangkal Pinang bekerjasama dengan tim BPBD Bangka dan tim relawan berbagi masker sebanyak 500 lembar yang berlogo BUMN dan Jasa Raharja didua titik yakni dilampu merah depan Kantor Sungailiat dan pasar kite Sungailiat.

“Kemudian kegiatan lain yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka yakni melakukan penyuluhan disetiap Desa tentang penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) covid-19. Seperti pelaksanaan Prokes 3M dengan baik dan benar, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun mengunakan air mengalir serta menjaga jarak,” ujarnya. 

Disamping itu juga, Dinkes Kabupaten Bangka memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang edaran Bupati tertanggal 8 Oktober nomor 440/4855/Dinkes/2020. Dimana edaran Bupati tersebut berisikan :

  1. Melaksanakan 3 M dengan baik dan benar
  2. Bagi pelaku perjalanan baik ASN, Non ASN/Masyarakat harus
    dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari, dan dihari ke 10 dilakukan rapid test dengan rekom puskesmas terdekat
  3. Bagi masyarakat/ Kadus/ RT untuk melakukan pelaporan seketika ada dari luar masuk ke Bangka untuk dilapor ke tenaga kesehatan dan akan dipantau sampai selesai isolasi
  4. Setiap melakukan hajatan ataupun selamatan haruslah mendapatkan rekom serta surat pernyataan akan mengikuti Prokes Covid-19 dari BPBD dan diteruskan ke Polres ataupun Polsek setempat.

“Disisi lain guna memutuskan mata rantai penularan wabah covid-19, BPBD Bangka juga mengadakan lagi Rapid Test yang kedua dengan sejumlah 11 ribu Rapid Test. Dimana sebelumnya juga sudah diadakan sebanyak 9.800 Rapid Test. Sedangkan untuk test swab sendiri Kabupaten Bangka sudah melaksanakan sebanyak 1.517 test swab atau 4,75 perseribu jumlah penduduk dan sudah melebihi target WHO 1 per seribu penduduk,” ungkapnya. 

Pihaknya berharap dengan adanya dana yang di gelontorkan Kabupaten Bangka dapat dengan cepat memutuskan mata rantai penyebaran wabah covid-19 ini. Sehingga Kabupaten Bangka dapat dengan cepat pula kembali ke zona hijau dan aman dari covid-19. 

“Untuk itu, mari Kita bersama-sama bersinergi melawan dan memerangi wabah covid-19 ini dengan tetap mematuhi dan menerapkan Prokes 3M seperti yang telah dianjurkan Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten sebelumnya,” tukas Boy. (robi)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top