Gubernur Erzaldi Sampaikan Bantuan Bagi Petani Bangka Tengah

Gubernur Erzaldi Sampaikan Bantuan Bagi Petani Bangka Tengah

Advertorial

 

KOBA BBC - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengunjungi kelompok tani bawang merah dan cabai merah di Kecamatan Koba, dengan tujuan mengetahui sejauh mana Bangka Tengah sudah mengembangkan kedua komoditi tersebut, Senin (2/11/2020).

Daerah Bangka Tengah menjadi perhatian Gubernur Erzaldi, mengingat daerah ini telah ditetapkan oleh pemerintah pusat secara nasional sebagai sentra bawang merah dan cabai.

Untuk itu, bantuan bibit bawang merah diberikan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) kepada Kelompok Tani Pianggu, Desa Padang Mulia dan Tumbuh Berhasil, Desa Simpang Perlang, di Kecamatan Koba.

Bantuan yang diberikan berupa sarana produksi bawang merah untuk lahan seluas 3 hektar melalui dana APBN.

Pada kesempatan itu, Deri, selaku Ketua Kelompok Tani (Poktan) Simpang Perlang menyampaikan secara langsung kepada Gubernur Erzaldi terkait kendala yang dihadapi petani berikut kebutuhan petani guna mengembangkan produksi bawang merah. Hal tersebut yaitu, kebutuhan akan lahan produktif dan juga kebutuhan akan dana taktis.

“Kendala yang dihadapi adalah lahan produktif bawang merah dirasa kurang cukup luas, terutama lahan produktif yang ada sumber airnya,” ungkap Deri mewakili Kelompok Tani Tumbuh Berhasil.

Untuk menjawab permasalahan lahan, Gubernur Erzaldi menyarankan agar membangun kemitraan dengan pemilik lahan sekitar agar dapat dikelola untuk dapat memenuhi permintaan atas kurangnya lahan.

Sedangkan untuk fasilitas irigasi pengairan modern, lahan yang bisa diakomodir sekitar minimal 5 hektar dan diharapkan bisa dibangun di atas lahan 10 ha.

“Karena kalau tidak 5 hektar bisa mubazir, mengingat kekuatan mesin ini cukup besar,” ungkap Gubernur Erzaldi.

Sedangkan untuk kebutuhan akan dana taktis, Gubernur Erzaldi mengarahkan dan mendorong petani agar dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah disediakan oleh Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung.

“Semoga ketersediaan bawang dan cabe bisa dapat terpenuhi untuk Bangka Belitung, atau bahkan siapa tau malahan kita bisa mengirim ke Jakarta,“ pungkasnya.(ril)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top