Pemprov. Babel Gandeng Komunitas Offroad Promosikan Pariwisata Babel

Pemprov. Babel Gandeng Komunitas Offroad Promosikan Pariwisata Babel

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC - Dalam rangka mempromosikan pariwisata Bangka Belitung, kali ini Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) menggandeng komunitas offroad. Di bawah naungan Indonesian Off-Road Federasi (IOF) yang merupakan sebuah komunitas offroad, rencananya akan berkolaborasi melakukan kegiatan offroad yang akan melibatkan peserta dari Sumatera bagian selatan (Sumbagsel).

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat memimpin rapat rencana kegiatan offroad di Pantai Jerangkat dengan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan tim Indonesian Off-Road Federation (IOF) Babel hari ini (3/11/2020) di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

"Kegiatan ini nantinya menjadi ajang promosi pariwisata Bangka Belitung. Tahap awal pesertanya dari Sumbagsel dulu namun, tidak menutup kemungkinan apabila ada peserta dari luar," ungkap Gubernur Erzaldi.

Gubernur Erzaldi mengungkapkan rencana jalur offroad ini akan melalui Pantai Jerangkat, salah satu Daya Tarik Wisata (DTW) yang terletak di Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat.

"Bangka Barat memiliki banyak DTW yang belum banyak diketahui oleh wisatawan dari luar Bangka Belitung. Target kita adalah wisatawan dari Sumatera," ungkapnya.

Harapannya kegiatan yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang, bisa menjadi titik awal kegiatan offroad rutin yang berskala nasional.

"Kegiatan ini tentunya memiliki dampak positif bagi pariwisata Bangka Belitung dan menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar. Lokasinya juga cukup representatif karena menyuguhkan pemandangan yang dapat dinikmati offroader," ujar Gubernur Erzaldi.

Menanggapi hal tersebut Wakil Gubernur Abdul Fatah meminta agar IOF beserta Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Babel dapat segera melakukan persiapan, mengingat waktu pelaksanaan semakin dekat.

Sementara itu, Kadispora Pemprov.Babel, Suharto menjelaskan bahwa rencana kegiatan ini akan melalui rute DTW Telaga Tujuh dan berakhir di DTW Pantai Jerangkat.

"Secara geografis Kab. Bangka Barat ini dekat dengan Palembang dan memang sudah ada tersedia jalur transportasi sehingga, melalui kegiatan offroad sekaligus dapat memajukan pariwisata Bangka Belitung. Apalagi kita di sini sudah punya komunitas offroad. Jadi di sini kita (pemprov) bersinergi bersama komunitas dan masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, selain menyalurkan hobi melalui rute yang memicu adrenalin, offroader juga memiliki misi yang kuat membantu pemerintah dalam mempromosikan dan mendongkrak potensi pariwisata di Bangka Belitung. Dengan konsep offroad tersebut harapannya, banyak peserta yang akan ikut.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top