Usaha Keramba Ikan Kerapu Bantu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pulau Semujur

Usaha Keramba Ikan Kerapu Bantu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pulau Semujur

Advertorial

 

PULAU SEMUJUR BBC - Pemberdayaan masyarakat melalui usaha keramba ikan kerapu membantu meningkatkan ekonomi masyarakat Pulau Semujur. Untuk mendukung usaha rakyat ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) memberikan bantuan benih kerapu sambil melepas benih ikan kerapu di Keramba Jaring Apung (KJA) milik Kelompok Kerapu Babel Pulau Semujur, Rabu (11/11/20).

"Bantuan ini merupakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat Pulau Semujur. Untuk kelompok ini kami berikan 1 paket dari 5 paket yang disediakan untuk TA 2020 ini," ujar Gubernur

Saat melepas benih ikan kerapu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman sempat berdiskusi dan memotivasi masyarakat terkait rencana pengembangan keramba di Pulau Semujur serta mengapresiasi semangat anggota kelompok kerapu Babel agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat sehingga, bisa bergabung dalam usaha keramba ikan tersebut.

"Untuk menaikkan produksi, nanti petak kerambanya bisa ditambah lagi. Kita pasti mendukung apabila masyarakat semangat. Kita akan terus melakukan pendampingan," ungkapnya.

Dalam penjelasannya bahwa, ikan kerapu cantik ini banyak diminati dan nilai ekonominya juga lebih tinggi.

Sementara itu Ketua RT sekaligus Ketua Kelompok Kerapu Babel, Maidi mengatakan bahwa usaha keramba ikan kerapu ini juga menjadi salah satu upaya untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakatnya.

"Melalui bantuan benih ikan kerapu ini , masyarakat Pulau Semujur khususnya laki-laki yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan saat ini ikut bergabung bersama kelompok kerapu Babel. Usaha yang sudah dirintis selama lebih kurang lima tahun ini bisa membantu ekonomi anggota keluarga kerapu Babel," ujarnya.

Harapannya, masyarakat dapat memanfaatkan bantuan agar semakin berhasil apalagi dengan cuaca bulan Desember yang ekstrim membuat masyarakat jadi tidak bisa melaut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov. Babel, Dasminto menjelaskan bahwa bantuan benih ikan kerapu masih akan diberikan kepada 4 kelompok lainnya.

"Selain kepada kelompok ini, kita juga akan bagikan benih ikan di Kabupaten Bangka Barat," ungkapnya.

Usai melepas benih ikan di keramba, Gubernur Erzaldi beserta rombongan menuju ke darat dan bersilaturahmi dengan masyarakat nelayan Pulau Semujur. Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Babel serta pejabat di lingkungan dinas tersebut.(ril)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top