Kakwarda Melati Apresiasi Semangat Pemuda Babel Untuk Peduli Lingkungan

Kakwarda Melati Apresiasi Semangat Pemuda Babel Untuk Peduli Lingkungan

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC – Ketua Kwarda (Kakwarda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi selaku narasumber kegiatan pemuda sadar lingkungan dengan tema “Lend Your Hand Save The Environment” mengapresiasi pemuda-pemudi Babel yang hadir dalam kegiatan Pemuda-pemudi Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih), Rabu (11/11/20).

“Kalian datang dari jauh, untuk mengikuti kegiatan ini, padahal kalian punya pilihan untuk tidur atau bersantai di rumah,” ungkapnya.

Kegiatan ini menyadarkan para peserta yang berasal dari berbagai organisasi peduli lingkungan seperti Recycling Generatiom, Relawan LH for DAS Kepulauan Babel, Basinglah, Urang Bangka Serba Bisa, Komunitas Penjelajah Alam Babel, Becak, dan organisasi pemuda lainnya.


Menurut Kakwarda Melati Erzaldi antusias pemuda yang hadir sangat tinggi, walau hanya 55 orang, tapi semangatnya bisa mengalahkan 1.000 orang.

“Saya salut dengan kalian yang terus berperan, kalian punya kepedulian untuk sosialisasi, atau sekedar memungut sampah. Hal itu tentu tidak mudah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Kak Melati memberikan kunci untuk tetap bersemangat dan berenergi yaitu, dengan mengingat terus tujuan saat melakukan sesuatu serta, terus berperan dalam suatu organisasi, sehingga energi kita jadi bermanfaat.


Pentingnya keberadaan pemuda-pemudi lingkungan asri dan bersih dalam masyarakat sebagai agen perubahan yang mana pemuda-pemudi tersebut tidak hanya dituntut untuk berpikir kritis tapi, juga dapat mengaplikasikan segala pengetahuannya dari pengalaman yang ada, ke tengah-tengah masyarakat.

“Kalian duduk di sini bukan orang-orang biasa tapi pilihan, kalian yang duduk di sini sekarang memikirkan tentang kebersihan lingkungan. Kita akan bentuk komunitas ini sehingga bisa diakomodir oleh pemerintah untuk memberdayakan pemuda,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Babel, Suharto

Ketua Pelaksana Pepelingasih Orie Fachrido Hermawan menyampaikan, perlunya kegiatan di bidang lingkungan yang dapat menampung kreativitas dan kreasi dari pemuda–pemudi di daerah agar berguna bagi masyarakat. Ini sangat penting karena dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan antara remaja aktif dan masyarakat, selain itu juga dapat menumbuhkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan di sekitar maupun di lingkungan masyarakat nantinya.(ril)



Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top