Gubernur Erzaldi Hadiri Pembukaan MTQ Nasional ke-XXVIII Sumatera Barat

Gubernur Erzaldi Hadiri Pembukaan MTQ Nasional ke-XXVIII Sumatera Barat

Advertorial

 

PADANG PARIAMAN BBC - Untuk memberikan semangat dan dukungan kepada Kafilah (qari/qariah) Bangka Belitung yang akan tampil pada Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-XXVIII tahun 2020/1442 H di Sumatera Barat, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman secara langsung hadir dalam kegiatan Pembukaan MTQ Nasional di Stadion Utama Sumatera Barat, Nagari Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (14/11/20).

MTQ Nasional ke-XXVIII Sumatera Barat ini dibuka secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan dihadiri oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Jend. TNI (Purn) Fachrul Rozi.

Gubernur Erzaldi yang hadir berdiri dan melambaikan tangan dari atas tribun kepada Tim Kafilah Bangka Belitung saat parade peserta MTQ yang dipimpin Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi KepulauanKepulauan Bangka Belitung, Fadlilah.

"Saya berharap dengan target yang saya berikan kepada tim Bangka Belitung yaitu untuk tampil sebaik mungkin dapat terpenuhi," ungkapnya.

Melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pemprov. Babel yang telah mempersiapkan MTQ ini sejak tahun 2018 lalu sudah merubah pola pelatihan yaitu dengan mengirimkan qari dan qariah untuk berlatih sekaligus mengembangkan pendidikannya ke pesantren-pesantren ternama di Pulau Jawa.

Harapannya, selain mereka bisa tampil sebaik-baiknya, ke depan Bangka Belitung bisa tampil di seluruh cabang yang dilombakan. Mengingat saat ini ada beberapa cabang yang belum diikuti.

Dalam pengembangan pendidikan tentang Alquran, Gubernur Erzaldi berharap keluarga sebagai lingkungan terkecil dapat mengenalkan Alquran kepada anaknya sejak dini.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya mengungkapkan MTQ Nasional dilaksanakan bukan hanya sebagai acara perlombaan semata, tapi juga sebagai bentuk syiar kepada masyarakat untuk bisa mempedomani Alquran.

Dalam pesannya, dengan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran, ukhuwah umat pun bisa terbentuk. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini, yang mana semua pihak harus saling bahu-membahu dan berbagi.

Sementara itu, Menteri Agama Republik Indonesia, Jend. TNI (Purn) Fachrul Rozi dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan MTQ Nasional ke-XXVIII tahun 2020 ini melalui proses perencanaan yang matang karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Kedisiplinan protokol kesehatan diperketat di semua lini agar semua pihak sehat dan menjadi ikhtiar maksimal untuk suksesnya MTQ ini.

Selain Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, pembukaan MTQ Nasional XXVIII Sumatera Barat ini juga dihadiri Gubernur Sumatera Barat, Iwan Prayitno sebagai tuan rumah serta beberapa gubernur di Indonesia. Pimpinan MPR, DPR, DPD RI, dan lembaga negara lainnya juga mengikuti kegiatan ini secara virtual.(rl)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top