Menjadi Tujuan Wisata Nasional, Belitung Terpilih Sebagai Lokasi Festival Maritim

Menjadi Tujuan Wisata Nasional, Belitung Terpilih Sebagai Lokasi Festival Maritim

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah memimpin jalannya rapat koordinasi untuk penyelenggaraan festival maritim yang akan dilaksanakan di Belitung pada tahun 2021. Event ini direncanakan akan bertepatan atau berdekatan dengan ulang tahun Provinsi Kepulauan Babel ke-21.

Pada festival maritim tersebut, tema "Cumi-Cumi Pelangi" yang akan diusung sebagai daya tarik festival maritim khusus diselenggarakan di Bangka Belitung.

Festival ini akan melibatkan berbagai stakeholder yang juga akan melibatkan para pelaku UMKM, pelajar, dan seniman untuk bersama-sama membangkitkan kembali kepariwisataan di Babel, terutama sebagai pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Pada saat ini baru tahap perencanaan dan masih akan dikritisi lagi dan sinergikan dengan masing-masing sektor OPD seperti Dinas UMKM, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, juga Dinas Kepemudaan dan Olahraga untuk kita kemas kegiatan tersebut,” ujar Wagub Abdul Fatah di ruang kerjanya pada hari Senin, (16/11/20).

Festival Maritim ini juga akan dilaksanakan di 12 lokasi, dengan 6 lokasi utama dan 6 lokasi pendamping. Setiap kegiatan akan berlangsung selama kurang lebih empat hingga tujuh hari. Sehingga selain di Belitung, festival ini juga dilaksanakan di Jakarta, Nusa Dua, Mandalika, Labuan Bajo, dan Raja Ampat.

Saat ini, Belitung dengan sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai 10 destinasi tujuan wisata nasional membuat Belitung memiliki nilai tambah untuk mendongkrak kepariwisataan Babel yang memiliki "multiplier effect".

“Karena sudah ditetapkan, maka kita harus menunjukkan bahwa yang telah menjadi kebijakan nasional harus kita isi dengan berbagai aktivitas dan atraksi di kawasan tersebut sehingga, kawasan tersebut memang memiliki nial jual yang memiliki multiplier effect terhadap pengembangan ekonomi masyarakat yang berada di sekitarnya,” ungkap Wagub Abdul Fatah.

Selain acara festival maritim, kegiatan tersebut juga akan digabungkan dengan voli pantai “Asia Pasific Beach Volley”. Belitung menjadi lokasi yang tepat untuk menyelenggarakan voli pantai dengan pasirnya yang sangat indah.

Agar acara berjalan lancar, perlu persiapan yang matang untuk dapat menyelenggarakan acara tersebut.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top