Embung di Desa Saing Langsung Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat

Embung di Desa Saing Langsung Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat

beritababel

 


BANGKA BBC - Keberadaan embung di Desa Saing, Kecamatan Puding, Kabupaten Bangka yang baru selesai dibangun pada 28 Desember 2020 lalu kini sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.

"Dengan adanya embung ini, semoga desa kami tidak lagi banjir, apalagi disaat musim penghujan saat ini," kata Maryati (43) salah satu warga setempat saat dibincangi wartawan di lokasi embung, Rabu (13/1/2021).

Selain itu, dia menambahkan, keberadaan embung tersebut juga dapat dijadikan tempat oleh warga untuk bersantai, terutama pada saat sore hari.

"Karena sebelum dibangun embung, lokasi ini dulunya hutan," ujarnya.

Oleh karenanya, dia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, pihak kontraktor, dan aparat desa yang telah bekerjasama dengan baik sehingga pembangunan embung ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Senada, Felly (13) mengaku, keberadaan embung ini betul-betul dapat dirasakan manfaatnya.

"Alhamdulillah, walau musim hujan, desa kami tidak banjir, karena embung ini dapat menampung air hujan, selain itu, kami juga sering duduk santai disini bersama teman-teman," ucapnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Saing, Zarkasi menambahkan, pembangunan embung ini bertujuan nantinya untuk menampung sumber air bersih bagi masyarakat.

"Kemudian yang kedua, ketika memasuki musim hujan saat ini, embung ini dapat menjadi resapan air, sehingga dapat menanggulangi bencana banjir, dan yang ketiga, embung ini dapat bermanfaat untuk mengairi sawah," ujar Kades.

Terkait adanya keretakan kecil pada bagian atas embung tersebut, dia menilai itu merupakan hal yang wajar. "Karena setiap pembangunan itu kan ada masa perawatan, jadi apapun pembangunan, pertama itu wajar kalau ada sedikit retak dan tidak akan mempengaruhi struktur," ujarnya.

Oleh karenanya, dia menegaskan, perawatan embung ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya dibebankan kepada pihak kontraktor.

"Dari pihak pekerja kontraktor dan pihak pemerintah desa, kita ingin berbarengan merawat embung ini," harapnya.

Penutup, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka, Pemerintah Provinsi Babel, dan pihak kontraktor atas bantuan dan kerjasamanya sehingga pembangunan embung ini dapat terealisasi.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Mikron (Kalakhar BPBD Babel) yang sangat antusias dengan pembangunan embung ini, dan beliau juga sering memantau pembangunan embung ini," pungkasnya. (Tim)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top