DPRD Babel Kunjungi Mako TNI AL Belinyu

DPRD Babel Kunjungi Mako TNI AL Belinyu

Advertorial

 

BElINYU BBC -  DPRD Babel  Wakil Ketua DPRD Prov. Kepulauan Bangka Belitung, Amri Cahyadi, bersama beberapa anggota Komisi I dan III DPRD Babel, mengunjungi Markas Komando (Mako) TNI AL di kawasan Pelabuhan Tanjung Gudang, Belinyu, Bangka, Sabtu (27/2). Kunjungan rombongan DPRD Babel ini dalam rangka silaturahmi sekaligus peninjauan sarana prasarana dan koordinasi fungsi pengawasan perairan di Pangkalan Laut Belinyu Provinsi Kep. Bangka Belitung. Menerima pertemuan, Komandan Lanal Bangka Belitung Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, S.E.,M.Tr.Hanla bersama jajaran.

Dalam kesempatan tersebut, Amri mengatakan bahwa keinginan berkunjung sudah lama direncanakan karena wajib bagi DPRD mengetahui kondisi sarana dan prasarana termasuk yang ada di sekitar mako. Ia menilai, kondisi jalan menuju ke mako cukup memprihatinkan.

“Kita lihat jalan menuju ke sini banyak yang berlubang, miris jika ada tamu dari pusat datang, yang malu bukan TNI, tapi kita sebagai pemerintah daerah, kita yang harus bertanggungjawab.” Ujarnya.

Untuk itu ia meminta pihak TNI untuk segera melayangkan surat kepada pemerintah kabupaten Bangka agar segera menindaklanjuti perbaikan jalan ini.

“Secara hirarki, jalan menuju ke mako adalah aset kabupaten, namun provinsi punya tanggungjawab, kita berharap ada bantuan provinsi untuk daba. Selain itu, menjawab keresahan masyarakat sekitar juga.” Tambahnya.
Selain itu, Ia bersama Komisi III nanti akan berupaya untuk membangun dermaga khusus untuk TNI AL. Selama ini TNI AL menggunakan dermaga di Pelabuhan Tanjung Gudang.

“Sudah diusulkan ke mabes untuk planning pembangunan dermaga sendiri, namun pembangunan nanti dilakukan provinsi.”

Senada dengan Amri Cahyadi, Ketua Komisi III, Efredi Effendi juga akan bekerja maksimal untuk mengawal pembangunan dermaga sendiri TNI AL ini. Tanpa dermaga sendiri, kinerja TNI AL kurang optimal.

“Tugas berat TNI AL tentu ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai, namun saat ini belum optimal. Komisi III akan bertindak untuk pembangunan sarana dan prasarana termasuk dermaga karena ada beberapa tindakan TNI AL ini tidak harus diketahui publik umum.” Tutur politisi Golkar ini.

Menanggapi hal ini, Dudik Kuswoyo sangat mengapresiasi kinerja dari DPRD provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ia atas nama TNI AL sangat berterimakasih atas dukungan dari DPRD khususnya perbaikan dan pembangunan sarana prasarana di Mako sebagai penunjang tugas TNI AL di lapangan.

“Surat sudah diajukan ke bupati, namun belum ada tindaklanjut. Padahal dermaga ini digunakan untuk mensupport KRI yang masuk, agar tidak terganggu oleh operasional umum.” Ungkapnya.

Menambahkan, keberadaan dermaga sendiri TNI AL juga akan berdampak bagi masyarakat sekitar. Terutama dari aspek edukasi, hingga perbaikan ekonomi masyarakat.

“Dari aspek edukasi, jika ada KRI yang bersandar, dapat menimbulkan kecintaan anak-anak akan AL, selain itu untuk logistik ekonomi, jika ada kapal perang mampir, mereka akan membeli bekal ulang logistik di kawasan sekitar, hal ini tentu mengangkat perekonomian masyarakat Belinyu.” Jelasnya kemudian.

Pertemuan hari itu berlangsung santai dan hangat di ruangan terbuka, dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sesuai.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top