Dua Program Walikota Pangkalpinang Untuk Menggeliatkan Perekonomian Masa Pandemi

Dua Program Walikota Pangkalpinang Untuk Menggeliatkan Perekonomian Masa Pandemi

Advertorial

 
 

PANGKALPINANG BBC - Maulan Aklil (Molen) telah menggaungkan dua program besar untuk menggeliatkan roda perekonomian yang saat ini mengalami kelesuan akibat pandemi Covid-19. Kedua program itu yakni, New Port (Pelabuhan Baru) Pangkalbalam dan Fish Market Internasional.

Menurut dia, akselerasi sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kedua program ini. Oleh karenanya sebagai pemimpin daerah, dia berinisiatif melakukan lobi anggaran di gedung senayan DPR RI, Jumat (12/3/2021) kemarin.

 

“Alhamdulillah kita akan ada pelabuhan New Port Pangkalbalam yang berkelas internasional, itu (anggaran-red) kita dapat dari pusat, jadi saat ini on process, mudah-mudahan sesuai dengan target kita dan pemerintah pusat, Bulan September ada groundbreaking (terobosan) pelabuhan di Pangkalpinang,” kata Molen usai hadiri pelantikan DPD BKPRMI, di kantor walikota, Sabtu (13/3/2021).

Program New Port Pangkalbalam ini, dikatakan Molen, berhubungan erat dengan program Fish Market Internasional, karena ikan-ikan dari hasil tangkap nelayan itu akan ditampung dan disimpan di ruang pendingin atau cold storage.

“Karena kita sudah ada pelabuhannya, dari sumber daya alam kita, jumlah ikan itu kurang lebih 143 ribu ton dalam setahun, nelayan kita hampir 42 ribu orang, luas wilayah kita cuma 20 persen darat nya dan 80 persen laut,” urainya.

Oleh karena itu, menurut dia, sektor perikanan ini nantinya dapat menjadi ekspor unggulan Provinsi Babel menggantikan sumber daya alam timah yang keberadaannya akan habis.

“Selama ini ekspor tertinggi untuk Babel itu adalah timah, nomor dua sawit, dan nomor tiga adalah perikanan dan kelautan, sementara timah itu akan habis, kemudian sawit juga tidak akan berkembang lagi karena keterbatasan lahan daerah kita kepulauan, jadi harapan satu-satunya pasca timah ini adalah perikanan dan kelautan,” terangnya.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top