Bupati Bangka  Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Cold Storage PT. BPM, Agar Mutu Udang Terjamin

Bupati Bangka Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Cold Storage PT. BPM, Agar Mutu Udang Terjamin

Advertorial

 
 

SUNGAILIAT BBC - Bupati Bangka Mulkan SH MH melakukan peletakan batu pertama pembangunan gudang berpendingin atau cold storage PT Bangka Prima Marine di Kawasan Industri Jelitik Sungailiat, Minggu (21/3/2021).

Bupati Mulkan mengucapkan terima kasih, kepada Hidayat Arsani, selaku pembina usaha tambak udang yang ada di Babel dan Hero Ito atas komitmenya mendukung pembangunan di Kabupaten Bangka melalui usahanya.

 

Bupati Mulkan menjelaskan, pembangunan cold storage PT Bangka Prima Marine, untuk mendukung para pengusaha tambak udang di Bangka. ”Sehingga nantinya ekspor udang dapat dilakukan langsung dari daerah kita sendiri,” jelasnya.

Direktur PT Bangka Prima Marine, Leo Tirtayadi mengatakan pembangunan cold storage untuk menjawab tantangan industri hilir hasil perikanan khususnya hasil tambak udang Vaname di Bangka.

“Seperti kita ketahui usaha tambak udang saat ini sedang marak, dan ke depan perlahan ini mengalihkan dari usaha pertambangan ke usaha tambak udang. Cold storage ini akan menampung sekitar 300 ton, dan per harinya bisa masuk 30 ton,” jelasnya.

 

Lewat usaha ini menurutnya akan menyerap tenaga kerja lokal sekitar 300 hingga 500 orang. “Dan udang Vaname kita diekspor ke Korea, Cina, Jepang dan Amerika.
Melihat potensi tersebut, maka perlu ada industri hilir untuk menampung hasil dari para petambak di Bangka, sehingga dengan ada cold strorage akan terjalin sinergi peningkatkan ekonomi dan berdampak ganda pada sektor lainya, misalkan ada pasar, tenaga kerja, transportasi dan lainya akan berkembang,” ujar Leo.

Diketahui, komoditas udang Vaname di Provinsi Bangka Belitung saat ini sedang menjadi primadona. Bahkan disebut-sebut, udang vaname ini bisa menjadi komoditas primadona dari Babel pasca timah.(rb)

iklan banner dalam detail berita

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top