Gubernur Dorong "Satu Desa Satu Pembina Pramuka" Segera Diwujudkan

Gubernur Dorong "Satu Desa Satu Pembina Pramuka" Segera Diwujudkan

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC - Program unggulan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Satu Desa Satu Pembina agar segera diwujudkan. Mengingat gerakan Pramuka adalah wadah yang paling tepat untuk pembentukan karakter generasi muda.

Arahan tersebut disampaikan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Kwarda Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung dalam Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2021, di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Rabu (24/3/2021).

Program ini tambah gubernur, bertujuan untuk memasifkan gerakan Pramuka di desa-desa.

"Gerakan Pramuka ini sangat berdampak luas dan baik terhadap tumbuh kembangnya karakter anak bangsa. Jadi tidak ada tawaran lain selain memasifkan gerakan Pramuka sampai kepada level yang paling kecil yaitu kelurahan dan desa" ungkapnya.

Untuk itu pihaknya mendorong Kwarcab yang ada di kabupaten/kota untuk melakukan penandatangan Perjanjian Kerja sama (PKS) dengan dinas terkait berkenaan dengan pembiayaan pembinaan gerakan Pramuka di level desa dan kelurahan. Sehingga pembiayaan penggajian para Pembina Pramuka dapat dilakukan melalui dana desa.

Arahan lain yang disampaikan gubernur dalam Pembukaan Rakerda Kwarda Babel tahun 2021 ini adalah, agar anggota Pramuka dapat berperan aktif dalam mendorong dan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk  melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam upaya pencegahan Covid-19 yang masih berlangsung saat ini.

Walaupun masa pandemi, gerakan Pramuka harus terap aktif. Untuk itu dituntun inovasi dan kreativitas dalam melaksanakan program dan kegiatannya.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini membuat beberapa program dan kegiatan ditunda. Salah satunya adalah kegiatan Perkemahan Antar Saka Pramuka Tingkat Nasional (Peransakanas) yang seharusnya tahun ini dilaksanakan di Bangka Belitung namun ditunda tahun depan.

Peransakanas ini menurut Bang ER-sapaan akrabnya, dapat diambil sebagai peluang yang menjadikan Babel semakin dikenal. Peransakanas yang juga akan dilaksanakan di beberapa Kwarcab di Bangka Belitung akan memberikan nilai tambah yang menggerakkan roda perekonomian.

Oleh sebab itu dirinya mengucapkan selamat atas kegiatan Rakerda Kwarda Babel tahun 2021 ini dan berharap dapat menghasilkan kebijakan yang inovatif, kreatif, dan menjadikan Kwarda Babel menjadi gerakan pramuka yang lebih baik dari daerah lain di Indonesia.

Rakerda Kwarda Gerakan Pramuka tahun 2021 ini dipimpin langsung oleh Ketua Kwarda (Kakwarda) Babel, Melati Erzaldi didampingi para wakil ketua bidang. Sidang Pendahuluan hingga sidang pleno dilaksanakan dalam waktu satu hari melalui hybrid, pertemuan langsung, dan daring melalui teleconference.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top