Silaturahim, Tatap Muka dan Diskusi Ibu Melati di Desa Serdang

Silaturahim, Tatap Muka dan Diskusi Ibu Melati di Desa Serdang

Advertorial

 

SERDANG BBC - The Power of Silaturahim, Ibu Melati Erzaldi kunjungi Persawahan Desa Serdang, Bangka Selatan untuk bertatap muka dengan para kelompok petani dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Serdang, Kamis (25/03/2021).

Desa Serdang merupakan salah satu lumbung padi Bangka Belitung. Mayoritas mata pencaharian warga di sektor pertanian padi, perkebunan karet, dan nelayan dengan produk turunan terasi. Luas Desa Serdang adalah 26.000 Ha, terdiri dari 6 (enam) dusun, dengan jumlah penduduk 4.195 jiwa dari 1.195 Kepala Keluarga.

Pemandangan hamparan luas persawahan yang mulai ranum serta sambutan hangat warga membuat Ibu Melati merasa kagum. Yang tidak kalah menarik, Desa Serdang juga memiliki wisata pantai bernama Tanjung Labun yang dikelola oleh Pokdarwis Desa Serdang.

Kunjungan ini bukan yang pertama bagi Ibu Melati, sebelumnya Ibu Melati sudah beberapa kali mendampingi kunjungan kerja sang suami, Gubernur Erzaldi.

Silaturahim Ibu Melati bersama petani dan kelompok anak muda Desa Serdang kali ini diisi dengan diskusi di mana warga sangat antusias menyampaikan harapan, dukungan dan meminta petunjuk dalam perkembangan persawahan. Disampaikan juga kendala yang kerap dihadapi petani seperti pengairan sawah, akses jalan masuk dan hal lainnya seperti proses panen dan jenis tanaman padi yang dikembangkan.

Atas izin sang suami, pada kesempatan ini Ibu Melati mengajak Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan (PKP) Babel, untuk menjawab pertanyaan dan memberikan solusi pada Gapoktan, sementara di bidang pariwisata digandenglah Babel Creatorium.

Diskusi dan tanya jawab berlangsung aktif, Kadis PKP serta Babel Creatorium menjawab banyak pertanyaan warga. Pada kesempatan tersebut, Juadi menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi pertanian.

"Petani dewasa ini harus mulai memanfaatkan teknologi, meninggalkan pola tani konvensional untuk memperkecil biaya operasional," tegas Juaidi.

Demikian halnya dari Babel Creatorium, Pokdarwis Desa Serdang mendapat banyak masukan untuk meningkatkan kreativitas guna menggait wisatawan.

"Mudah-mudahan masukan dari Kadis PKP dapat meningkatkan hasil pertanian, target panen beras dalam satu hektar tanah sebesar 8 ton beras dapat tercapai. Dan Pokdarwis Desa Serdang dapat terus melanjutkan diskusi seiring berkembangnya pengelolaan pariwisata di sini," ungkap Ibu Melati.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top