Wakil Ketua DPRD M Amin Hadiri Rakor Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Kep. Babel Tahun 2021

Wakil Ketua DPRD M Amin Hadiri Rakor Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Kep. Babel Tahun 2021

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC - Sektor pariwisata merupakan salah satu program unggulan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beberapa tahun lalu. Hal ini tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) tahun 2017-2020 Provinsi Kep. Babel.

Menjawab hal tersebut DPRD Provinsi Kep. Babel gerak cepat dalam mengakomodir rencana-rencana pembangunan daerah dengan menerbitkan beberapa perda inisiatif guna mendukung program pemerintah provinsi diantaranya Perda tentang Perlindungan Lingkungan Geologi dan Ranperda Kepariwisataan yang rencananya akan diparipurnakan bulan ini.

Hal ini diungkapkan wakil ketua DPRD Provinsi Kep. Babel, M Amin ketika menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Kep. Babel Tahun 2021 dengan mengusung tema Peran APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) Dalam Mengawal Pembangunan Pariwisata dan Peningkatan Ruang Fiskal Daerah Untuk Kesejahteraan Masyarakat, Selasa (06/04) di Lt. III ruang Pasir Padi Kantor Sekretariat Daerah.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dalam sambutannya mengatakan pembangunan kepariwisataan ditempatkan sebagai prioritas ke tiga pembangunan daerah dalam RPJMD Prov. Kep. babel itu sendiri. Pariwisata dipandang sebagai salah satu sumber ekonomi alternatif pasca tambang disamping sektor-sektor lainnya.

Disamping itu pembangunan kelembagaan kepariwisataan dipandang perlu karena memiliki peran signifikan dalam menetukan keberhasilan kepariwataan lainnya yaitu pembangunan destinasi pariwisata, pemasaran pariwisata dan industri pariwisata.

Terlebih saat ini masyarakat Kep. Babel sedang menantikan penetapan Geopark Beliton sebagai Geopark dunia oleh UNESCO. Tentunya ini tidak terlepas dari peran seluruh stakeholder terlebih komunitas pariwisata yang ada di Pulau Belitung ditambah dengan kekuatan pemda kabupaten belitung dan belitung timur serta berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan pusat.

Hal ini merupakan magnet tersendiri bagi pengembangan sektor pariwisata yang ada di Kep. Babel. Untuk itu Kab. Belitung dan Belitung Timur agar segera mempersiapkan program-program yang dapat mendorong daya ungkit kepariwisataan yang ada di pulau Belitong.

Turut hadir dalam kegiatan rakor tersebut anggota DPRD Provinsi Kep. Babel Nico Plamonia Utama (Demokrat), Heryawandi (Golkar), Ringgit Kecubung (PKS), unsu Forkopimda Kep. Babel dan seluruh kepala daerah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kep. Babel.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top