Pentingnya Pemahaman DAS Bagi Kehidupan Yang Berkelanjutan

Pentingnya Pemahaman DAS Bagi Kehidupan Yang Berkelanjutan

Advertorial

 

SUNGAILIAT BBC - DAS (Daerah Aliran Sungai) sejatinya selalu membawa banyak manfaat bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Namun, pemanfaatan sumberdaya alam di sekitar DAS oleh manusia, sering kali berlebihan.

Akibat dari itu, terjadi degradasi lahan dan hutan dalam wilayah DAS yang menyebabkan dampak serius. Hal tersebut tentu saja mempengaruhi fungsi dan keseimbangan lingkungan, termasuk di proses hidrologis. Selain memberikan manfaat bagi manusia dan lingkungan sekitarnya, ia juga dapat membawa dampak negatif, sebagai konsekuensi dari kerusakan lingkungan atau bencana.

"Kita tahu sampai hari ini DAS yang ada di Kep. Bangka Belitung ini banyak yang rusak. Artinya perlu penanganan dan pengelolaan yang baik, sehingga masyarakat betul-betul memahami apa arti DAS. Sehingga pada waktu masyarakat ingin berinvestasi mereka sudah tahu ada resiko-resiko didalamnya dan aturan yang harus diikuti," kata Ir. Agung Setiawan sebelum pembukaan kegiatan penyebarluasan perda, Sabtu (10/04) yang bertempat di Kelekak Bunda Residence.

Disampaikan politisi Nasdem ini bahwa pada intinya jika pengelolaan DAS baik maka akan memberikan manfaat yang dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat itu sendiri. Selain itu masyarakat dapat lebih mengerti sedikit banyak aturan-aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah dalam hal ini perda no. 10 tahun 2016.

Agung juga berharap masyarakat yang bermukim atau melakukan aktivitas di sekitar DAS dapat menjaga dan memelihara demi kelestarian dan keserasian ekosistem yang ada didalamnya.

"Harapan kami sebagai anggota DPRD provinsi Kep. Bangka Belitung agar masyarakat didalam hal bertindak dapat berpikir dahulu, bahwa dampak negatif yang diakibatkan oleh kerusakan DAS ini sangat luar biasa di provinsi Kep. Babel," tutup Agung.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top