Safari Jumat, Gubernur Jelaskan Hikmah dan Berkah Ramadan

Safari Jumat, Gubernur Jelaskan Hikmah dan Berkah Ramadan

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman pada Jumat pertama di bulan suci Ramadan 1442 H, melaksanakan Safari Jumat di masjid Al-Mukarromah Air Kepala Tujuh Gandaria Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Jumat (16/04/2021).

Di masjid ini gubernur dipercaya masyarakat setempat untuk menjadi khatib Jumat. Karena sebelumnya orang nomor satu di Babel ini, sering melaksanakan salat fardu di masjid tersebut, baik salat Subuh, Maghrib, maupun salat wajib lainnya.

Mengawali khotbahnya, bang ER (panggilan akrab gubernur) mengajak para jemaah agar lebih meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt, dengan berusaha melaksanakan ibadah di bulan Ramadan dengan sebaik-baiknya.

Di kesempatan ini gubernur sampaikan judul khotbahnya yaitu Hikmah dan Berkah Ramadan.
Menurutnya, umat Islam sangat beruntung dapat bertemu dengan bulan Ramadan, karena bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa di antara bulan yang lainnya.

Bulan suci Ramadan bulan yang di berkahi oleh Allah Swt karena, di bulan ini banyak terjadi peristiwa penting seperti, Nuzulul Quran (turunnya kitab suci Alquran). Selain itu, bulan Ramadan adalah bulan yang berkah sebagaimana telah di sebutkan dalam hadis nabi Muhammad SAW.

"Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang/terjauhkan (dari kebaikan)” (HR. Ahmad).

Oleh karena itu jelas bang ER, nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya agar dapat menyambut bulan suci yang penuh berkah ini.

“Kita dianjurkan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya sejak dari bulan Rajab, bulan Syakban,dan bulan Ramadan dan hal ini sudah di tegaskan dalam hadis nabi yang di riwayatkan oleh Imam Ahmad yang artinya “Wahai Allah, berikan kami bulan Rajab, dan bulan Syakban dan berkahilah pula di bulan Ramadan,” tegasnya.

Lebih jauh di jelaskannya, di antara hikmah bulan Ramadan ada pengampunan doa bagi orang yang berdoa, dan bulan ini ada penerimaan tobat seseorang, serta ada ampunan dari Allah Swt bagi yang memohon ampunan. Untuk itu di bulan Ramadan ini umat Islam diwajibkan baginya untuk berpuasa, yang bertujuan menjadikan seseorang lebih bertaqwa.

“Hikmah berpuasa bulan Ramadan adalah mensyukuri nikmat tuhan yang diberikan kepada kita selama ini. Karena makna ibadah secara mutlak, termasuk ibadah puasa adalah ungkapan syukur dari seseorang hamba kepada tuhannya atas nikmat-nikmat yang telah di berikan kepada kita,” ungkapnya.

Hal itu di tegaskan dalam Alquran dalam surat Ibrahim ayat 34:
"wa-in taudduu nimata allaahi laa tuhsuuhaa" yang artinya : jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya, (QS.Ibrahim : 34)

Dituturkan bang ER bahwa dalam puasa Ramadan setidaknya ada tiga faedah yaitu, faedah kejiwaan yang melatih kita agar berlaku sabar, mengekang hawa nafsu, dan ekspresi atau ungkapan mengenai karakteristik takwa yang tertanam dalam hati. Kedua, faedah sosial kemasyarakatan, dan ketiga faedah kesehatan.

Untuk itu bang ER mengajak para jemaah agar di bulan Ramadan ini di jadikan bulan kesederhanaan, bulan penuh ibadah, bulan memperbanyak kebajikan kepada orang-orang fakir, dan orang-orang yang membutuhan bantuan, bulan perlindungan badan kita, ucapan kita dan hati kita dari hal-hal yang dilarang agama.

Sebagai penutup khotbah, bapak tiga anak ini mengajak para jemaah merenungkan firman Allah Swt yang artinya: "sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa, pasti kami akan melimpahkan kepada mereka dari langit dan bumi, tetapi bagi mereka mendustakan ayat-ayat kami, maka kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan ( QS.Al-ARaf:96).

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top