Politisi Demokrat Rudi Hartono Siap Kawal Aspirasi Masyarakat

Politisi Demokrat Rudi Hartono Siap Kawal Aspirasi Masyarakat

Advertorial

 

BELITUNG BBC - Politisi fraksi Partai Demokrat Rudi Hartono Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Daerah Pemilihan Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, siap kawal aspirasi masyarakat Belitung.

"semua aspirasi dan masukan tersebut akan kita tampung, ini akan menjadi pokok pokok pikiran (Pokir) di DPRD yang diparipurnakan", jelasnya, saat melaksanakan Reses masa sidang I tahun 2021, di air ketekok kelurahan paal satu Kec. Tanjung Pandan Kab. Belitung, kamis (23/04/2021) sore.

Banyak saran, aspirasi maupun masukan yang disampaikan masyarakat, antara lain terkait ekonomi kerakyatan yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan yakni lahan persawahan seluas 21 hektar di desa kacang butor, namun yang efektif sekitar 14 hektar, sementara tujuh hektar belum dikelola, sebab, belum adanya irigasi. Kemudahan akses jalan usaha bagi petani. pembangunan pariwisata desa dan UMKM.

Menanggapi berbagai aspirasi, masukan dan keluhan masyarakat tersebut, katanya, akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, sebab, ada yang menjadi kewenangan pihak kabupaten dan ada yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, jelasnya.

Akibat Pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia, bahkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini, sehingga berdampak terhadap berbagai sektor, mulai dari sektor kesehatan, sosial hingga ekonomi. Dikatakan, Rudi, bahwa saat ini Pemprov Babel sedang focus kepada penanganan covid-19 serta pemulihan perekonomian, sehingga alokasi anggaran akan diprioritaskan pada program yang menjadi skala prioritas.

"Urgensi yang menggerakkan ekonomi masyarakat akan kita kawal, karena ini Urgent dan program vital harus diutamakan, jika ada item kegiataan yang membantu menggerakkan ekonomi maka kita dukung dan akan kita perjuangkan", tegasnya.

Ia menambahkan, saat ini, berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam membangkitkan perekonomian daerah, seperti, bantuan untuk peternakan, bantuan pupuk dan bibit untuk pertanian maupun peralatan serta bantuan modal usaha bagi UMKM.

"ada program baru Gapoktan merupakan salah satu aset untuk peternakan, bahwa ada bantuan dari pemerintah untuk dikelola kelompok tani mengelola pembibitan sapi, agar kita bisa swasembada daging. Bagi masyarakat dapat memanfaatkan di pekarangan ruma untuk ditanami sayuran sebagai solusi di masa pandemi", sarannya.

Tak hanya itu, demi mengatasi keterpurukan ekonomi akibat pandemi COVID-19, Politisi fraksi demokrat ini, terus mendorong semangat bagi pelaku UMKM, Pelaku Pariwisata, maupun pertanian untuk terus berinovasi dalam mengubah dari cara manual/tradisional untuk lebih kreatif dalam penggunaan teknologi digitalisasi pada kemasan maupun pemasaran produk, serta promosi pariwisata.

" seberapa banyak desa yang jadi destinasi wisata, kita dukung sehingga bisa dijadikan kegiataan dan program. Tapi ingat, wisata itu ada juga di pertanian yakni wisata agro. Untuk bantuan UMKM maka silakan ajukan proposal ke dinas dan pihak terkait. Jika itu prioritas maka itu akan kita perjuangkan", terangnya.

Rudi Hartono Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Daerah Pemilihan Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, melaksanakan reses hari pertama, (20/04/2021) di desa sungai padang kecamatan sijuk, di hari kedua (21/04/2021) di SW Resto jl air ketekok kel paal satu kab belitung, sedangkan hari terakhir (22/04/2021) di desa kacang butor dan SW resto jl air ketekok kelurahan paal satu kab belitung.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top