Gubernur Harap Bangka Barat Makin Maju dan Berkembang

Gubernur Harap Bangka Barat Makin Maju dan Berkembang

Advertorial

 

MUNTOK BBC - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan memberikan perhatian khusus terhadap Kabupaten Bangka Barat (Babar) supaya, kabupaten di ujung barat Pulau Bangka dapat makin maju dan berkembang seperti kabupaten yang lain di Babel.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dalam sambutan acara Serah Terima Jabatan dari Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bangka Barat M. Soleh kepada Bupati terpilih H. Sukirman dan Wakil Bupati Bong Ming Ming periode 2021-2026 yang berlangsung di Rumah Dinas Bupati Bangka Barat, Rabu (28/04/2021).

"Di Bangka Barat ini akan dikembangkan 2 pelabuhan yang akan melayani kapal Roll On Roll Off (Roro) dan jetfoil, juga akan dibangun lagi pelabuhan yang melayani angkutan barang, sehingga bisa ekspor. Dalam waktu dekat juga akan dikembangkan pelabuhan beserta pabrik sehingga di sini bisa menampung Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit mentah Babel dan Sumatera," ujar gubernur.

Apabila hal ini sudah selesai dibangun, bapak tiga anak ini yakin, di tahun-tahun mendatang, Bangka Barat akan maju lebih cepat. Menurut bang ER, panggilan akrab gubernur, dirinya selaku Kepala Pemerintahan Daerah di Babel sudah banyak berbuat, di antaranya mendatangkan investor ke Babel. Untuk itu dirinya mengajak pemerintah di kabupaten bersinergi dengan Pemprov. Babel, dengan memberikan kemudahan kepada para investor supaya nantinya banyak kemudahan yang didapatkan oleh daerah itu sendiri.

Orang nomor satu di Babel ini sependapat dengan apa yang di sampaikan oleh ketua PKK Babel bahwa, Bangka Barat titik awal perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, artinya kota Muntok sebagai kota sejarah, tentunya ini merupakan potensi tersendiri bagi Bangka Barat.

"Ini potensi, Wisma Ranggam kita perbaiki, Menumbing sudah di lakukan kerja sama provinsi dan kabupaten sehingga diharapkan akan menjadi lebih baik. Bulan Mei kita akan mengundang ahli budaya, ahli seni, ahli sejarah, dengan tujuan memajukan kota sejarah ini," ungkapnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bang ER meminta kepada Staf Khusus Bupati Babar dalam pengembangan perkotaan dan ekonomi kerakyatan di Babar ini, terutama penuntasan pengendalian banjir.

"Bangka Barat mengakomodir pertumbuhan Nilai Tukar Petani (NTP) terbesar ke dua, dan Babel adalah Provinsi dengan Nilai Tukar Petani tertinggi nasional, meningkat 3,98 persen. Untuk itu gubernur mengajak bupati untuk mempertahankan nilai tersebut. Dengan Nilai Tukar Petani meningkat, saya yakin akan memotivasi petani dalam menggeluti usahanya," tegas bapak yang banyak menerima penghargaan ini.

Untuk diketahui bahwa saat ini Bangka Barat sudah terhindar dari ancaman kekurangan pangan, seiring Babel ditetapkan sebagai provinsi tercepat dalam mengatasi kerawanan pangan secara nasional.

Gubernur Erzaldi mengajak Kepala Daerah di Kabupaten/Kota se-Babel supaya mendukung kebijakan pemerintah provinsi supaya, tujuan Pemprov. Babel untuk menyejahterakan masyarakat dapat terwujud.

Kepada para Kepala Perangkat Daerah di Babar, gubernur minta agar berkonsolidasi dengan pemprov guna mempercepat pembangunan di daerah.

Di kesempatan yang sama, Bupati Bangka Barat Sukirman membenarkan ucapan gubernur bahwa daerahnya memiliki beragam potensi, salah satunya bidang pariwisata dan pertanian. Karena itu, dirinya mengharapkan gubernur memberikan perhatian khusus kepada kabupaten Bangka Barat.

"Terima kasih pak gubernur atas perhatiannya kepada masyarakat kami, saat ini banyak hal akan kami hadapi. Terutama saat ini masalah pandemi Covid-19 yang cenderung meningkat, untuk itu Protokol Kesehatan harus ditingkatkan," ungkapnya.

Bupati terpilih juga mengutarakan keinginannya dalam pengembangan pariwisata bahwa, sungai yang membelah Kota Muntok untuk dinormalisasi sedemikian rupa sehingga menjadi tempat wisata baru di Kota Muntok, selain wisata sejarah.

"Sungai Dong diciptakan oleh Tuhan pasti ada manfaatnya, untuk itu saya akan kelola dengan baik. Selain menyelesaikan masalah banjir, juga mendatangkan para wisatawan seperti di negara Belanda," papar bupati.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top