Cukup Klik siMelati, Masyarakat Tidak Perlu Antre di RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Hatta

Cukup Klik siMelati, Masyarakat Tidak Perlu Antre di RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Hatta

Advertorial

 

AIR ANYIR BBC - Tidak perlu antre, kini pasien maupun calon pasien bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah di RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Hatta.

Melalui aplikasi siMelati, masyarakat bisa mendaftar secara online. siMELATI adalah singkatan dari Sistem Manajemen Teknologi Berbasis Informasi. Sistem ini merupakan layanan pendaftaran online yang memudahkan masyarakat mendaftar tanpa harus hadir di RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Hatta, yg merupakan akselerasi inovasi layanan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Hatta Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Terobosan ini merupakan jawaban dari komitmen Gubernur Erzaldi Rosman untuk melakukan percepatan pelayanan maksimal kepada masyarakat Bangka Belitung.

Melalui layanan siMelati, masyarakat dapat dengan mudah mendaftar secara online minimal H-1, untuk mengetahui jadwal dan membuat janji dengan dokter, dapat mendaftar rujukan dari BPJS tanpa antre, serta mengetahui riwayat berobat pasien.

Menurut orang nomor satu di Babel ini, terobosan dimaksud tidak hanya mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat saja, akan tetapi juga mengoptimalkan manajemen rumah sakit yang dituntut untuk semakin profesional.

"Saya yakin dengan sistem ini, kita harap pelayanan dan kemudahan dapat diberikan pada pasien maupun calon pasien. Semua informasi dapat tersedia secara up to date, begitu juga semua informasi yang dibutuhkan untuk penanganan pasien dapat diperoleh dengan lengkap dan terdata secara detail. Dan tentunya tidak ada lagi pelayanan manual yang tidak efesien," terang Gubernur Erzaldi saat Launching siMelati di Ruang Pertemuan Gedung Eko Maulana Ali Suroso RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Hatta, Air Anyir, Senin (17/05/2021).

Gubernur Erzaldi berharap aplikasi SiMelati dapat terus berkembang dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat serta dapat menciptakan sistem manajemen yang efektif dan efesien.

"Insya Allah tahun 2022 kita harapkan sistem ini dapat terkoneksi dengan SIMRS di daerah hingga ke puskesmas, begitu juga dengan BPJS. Jadi masyarakat maupun tenaga medis dapat memperoleh informasi up to date mengenai ketersediaan pelayanan pasien yang akan di rujuk ke RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Hatta, Air Anyir," jelasnya.

Selain itu, dengan adanya sistem tersebut data pasien serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan dapat teridentifikasi dengan lengkap sehingga memudahkan pemerintah daerah dan stakeholder untuk menyusun program pengembangan pelayanan kesehatan di Bangka Belitung.

"Tentunya akan memudahkan kita (pemerintah) untuk membuat program maupun penyaluran bantuan kepada masyarakat," tambah gubernur.

Gubernur juga berpesan agar masyarakat tidak perlu lagi ragu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Hatta. Pemprov. Babel terus berkomitmen memperbaiki dan mengembangkan pelayanan dengan berbasis teknologi informasi di semua fasilitas kesehatan.

"Kita informasikan ini ke masyarakat, sama-sama kita viralkan supaya masyarakat Babel bisa memperoleh pelayanan dengan mudah," imbaunya.

Sementara itu, Direktur RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Hatta, dr Armayani mengatakan bahwa aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah di Playstore telepon genggam masing-masing.

Disampaikannya juga bahwa aplikasi ini masih terus dikembangkan. Jika saat ini baru bisa mengakomodir pasien yang sudah memiliki nomor rekam medis dan pasien yang sudah memiliki surat rujukan, maka kedepannya bisa digunakan bagi calon pasien baru yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Hatta.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top