Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Semester I 2021  - KPU Data 896 Pemilih Baru

Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Semester I 2021 - KPU Data 896 Pemilih Baru

Advertorial

 

SUNGAILIAT BBC - KPU Kabupaten Bangka sudah melakukan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB), Rabu (30/6) di ruang pertemuan KPU Kabupaten Bangka. Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Bawaslu, Polres, Disdukcapil, UPTD pendidikan Wilayah II, Kemenag, Pihak Kecamatan dan Parpol.

Ketua KPU Kabupaten Bangka, M. Hasan mengatakan, Rekapitulasi DPB ini mengacu pada surat edaran (SE) KPU RI nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 yang merupakan perubahan dari SE nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal pemutakhiran DPB.

Di SE tersebut dijelaskan bahwa rekapitulasi DPB dilakukan setiap bulan namun untuk rapat koordinasi dengan stakeholder terkait dilakukan per triwulan.

Ditambahkan M. Hasan, tujuan dilaksanakannya Pemutakhiran DPB yaitu untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya.

"Pada pleno rekapitulasi tersebut, jumlah pemilih yang terdata dalam DPB periode Juni tahun 2021 ditetapkan sebanyak 209.226 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 106.988 dan perempuan ada 102.238 orang" kata Hasan.

Sementara untuk rincian DPB per semester I tahun 2021 ada 896 data pemilih baru, jumlah pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) ada 993 orang, ganda 1 orang, pindah domisili sebanyak 992 orang.

Dalam upaya pemutakhiran DPB ini, lebih lanjut Hasan menuturkan jika pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Disdukcapil, UPTD pendidikan Wilayah II, Kemenag, Lapas Bukit Semut, Polres Bangka dan pihak kecamatan.

"Kami mengharapkan kepada masyarakat agar dapat memberikan masukan dan tanggapan terkait DPB ini. Form masukan dan tanggapan dapat diakses di web KPU Kabupaten Bangka di laman kab-bangka@kpu.go.id atau bisa di halaman Facebook milik KPU Kabupaten Bangka" pungkasnya.(rls)

iklan banner dalam detail berita

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top