Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua Oleh Ketua Pengadilan Agama Sungailiat

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua Oleh Ketua Pengadilan Agama Sungailiat

beritababel

 
 
SUNGAILIAT BBC - Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua Pengadilan Agama Oleh Ketua Pangadilan Agama bertempat di ruang Aula Utama Kantor  Pengadilan Agama Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jumat (16/7/2021)

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua PA Sungailiat tersebut, oleh Alfi Zuhri, S.Ag selama Pandemi Covid-19, dilakukan juga secara Virtual Meeting Zoom agar bisa disaksikan secara langsung oleh Pangadilan Agama se Bangka Belitung.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Babel, Drs. H. Agus Budiadji, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Sungailiat, Muhammad Aliyuddin, S.Ag, MH, Staf Ahli Bupati Bangka bidang Perekonomian, Kasi Intel Kejari Bangka, Perwakilan Polres Bangka, perwakilan DPRD Bangka, Para Hakim, Para Panitera, Sekretaris Pengadilan Agama dan Staf Pangadilan Agama Sungailiat.

Ketua PTA Babel, Drs.H. Agus Budiadji, SH, MH, Mengatakan pada saat menyampaikan arahan menekankan agar wakil ketua yang baru dilantik tersebut, dapat bekerjasama dengan Ketua Pengadilan Agama dalam menjalankan tugas-tugas pokok peradilan agama Sungailiat, baik secara internal maupun eksternal. Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat supaya masyarakat merasa puas dan hilang masalah nya karena kita pelayan masyarakat. 

Lanjut nya Setiap saat kami adakan pembinaan hukum acara perdata agar tidak terjadi unproposional kontak harus dipahami betul bahwa kekuatan alat bukti sempurna jangan sampai dikalah kan dengan alat bukti yang nilai nya bebas.

"Harapan saya sumpah yang di ucapkan tadi menjadi sebuah dasar dalam menjalankan tugas pokok dalam peradilan. Karena tidak hanya berlaku bagi pimpinan seperti ketua dan wakil tapi berlaku untuk semua aparat peradilan termasuk fakta integritas tadi, yang merupakan komitmen pribadi terhadap nilai-nilai kebenaran yang bersumber dari Allah SWT, Kalau kita bekerja tidak berangkat dari nilai-nilai kebenaran pasti kita akan menyimpang dari kaedah yang sudah di sepakati," jelas Ketua Pangadilan Tinggi Agama Babel

Sementara itu Ketua Pangadilan Agama Sungailiat, Muhammad Aliyuddin, S,Ag, MH, menerangkan   bahwa adanya sinergitas antara Pengadilan Agama dengan Pemerintah Daerah dalam pelayanan prima kepada masyarakat karena pengadilan agama Sungailiat ini menuju pelayanan prima berkelas dunia pada tahun 2024.

"Semuanya kita melayani dengan sungguh-sungguh untuk terpenuhi azas peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan bagi masyarakat yang mencari keadilan. Intinya pengadilan ini adalah pelayanan masyarakat lah yang menjadi raja untuk dilayani di pengadilan ini," ucapnya.

Kerjasama dengan instansi terkait yang sudah disampaikan tadi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), dalam perkara sita sidang eksekusi dan harta bersama. Dan juga dengan KPKNL dalam hal lelang selama ini ada perkara yang harus ada payung hukumnya lewat MOU termasuk sita dan eksekusi yang ada hubungan nya dengan hak waris Dan juga nantinya Pangadilan Agama Sungailiat akan bekerjasama dengan tiga Polres yang ada di tiga  Kabupaten, Bangka, Bateng dan Basel serta Detasemen Polisi Militer (Denpom) sehingga pihak militer bisa langsung terlayani.

"Rencana kita juga kedepan akan bekerjasama dengan instansi lain yang ada di Kabupaten Bangka, seperti Dinas sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak, serta kita juga akan bekerjasama dengan komisi perlindungan anak daerah, kita akan memastikan pula anak-anak yang masuk dalam permasalahan hukum mungkin masalah orang tua bercerai dan juga hak waris atau hibah dan wakaf kita  ingin memastikan meraka terlindung sesuai undang-undang yang berlaku," Ujarnya.

Ditempat yang sama, Alfi Zuhri, S.Ag, menambahkan dengan telah dilantik sebagai wakil ketua dirinya akan berusaha sebaik mungkin untuk dapat bekerjasama dengan ketua dan aparatur yang lainnya yang ada di Pengadilan Agama dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan sumpah jabatan yang telah diucapkan.

"Saya akan segera mungkin dapat beradaptasi dengan teman-teman disini dan saya akan berusaha sebaik mungkin untuk dapat menjalankan tugas bersama ketua dan yang lainnya," Pungkasnya.

iklan banner dalam detail berita

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top