Kak Melati Ikuti Upacara Hari Pramuka ke-60 di Cibubur

Kak Melati Ikuti Upacara Hari Pramuka ke-60 di Cibubur

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi mengikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60, Tahun 2021 di Gedung Pandansari, Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (14/8/21).

Bersama Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kakwarnas), Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso dan pengurus Kwarnas serta beberapa Ketua Kwarda Daerah, mengikuti upacara yang dipimpin oleh Presiden RI yang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Kamabinas) Gerakan Pramuka, Joko Widodo secara daring dari Istana Bogor.

Usai mengikuti upacara, Kakwarda Babel, Melati Erzaldi menyampaikan selamat Hari Pramuka kepada seluruh anggota pramuka di Kepulauan Bangka Belitung, seraya berpesan agar tetap menjaga kesehatan dan melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

Seperti tema Hari Pramuka tahun ini yaitu "Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional", Kakwarda Babel, Melati Erzaldi berharap seluruh anggota Pramuka di Bangka Belitung untuk menjadi pelopor bagi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kak Melati juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Pramuka yang selama ini telah membantu penanganan Covid-19.

"Terima kasih atas pengabdian, dedikasi, dan kerja keras seluruh anggota Pramuka, khususnya dalam membantu penanganan Covid-19, hal ini membuktikan bahwa, semangat Pramuka terus berbakti tanpa henti di segala bidang," ungkapnya.

Terkait penghargaan yang diterima oleh Griska Septiana dan Afif Nabawy, anggota Pramuka Garuda Kwartir Cabang Bangka Barat, dirinya merasa terharu dan bangga, sebab dengan keterbatasan yang dimiliki mereka bisa terus maju dengan segudang prestasi dan menjadi motivasi bagi anggota Pramuka lainnya dan masyarakat.

Sementara itu, dalam arahannya, Presiden Joko Widodo memberi pesan khusus saat Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun ini.

Meskipun upacara peringatan hari Pramuka yang dilakukan kedua di tengah pandemi,  Presiden Jokowi berpesan kepada Pramuka Indonesia, agar terus giat belajar dengan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kuasai Iptek setinggi-tingginya, serta mengikuti perkembangan dengan cepat, fleksibel, dan cerdik. Anggota Pramuka juga diharapkan untuk tidak pernah lupa akan identitas bangsa serta mengamalkan Pancasila dan merawat kebhinekaan.

Jokowi meyakini, Pramuka Indonesia dapat terus bahu-membahu bersama seluruh elemen bangsa sebagai seorang Pramuka sejati yang terpanggil tanpa melihat perbedaan, khususnya dalam membantu penanganan Covid-19.

Sementara itu dalam Laporan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso, disampaikan bahwa Peringatan Hari Pramuka ke-60 di tahun 2021 ini masih dalam situasi pandemi.

Hal itu menjadi slogan dan tema yang diangkat tahun ini "Pramuka Berbakti Tanpa Henti." Hal tersebut sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka pada Hari Pramuka tahun lalu, agar Pramuka melaksanakan dua Gerakan yakni Gerakan Kedisiplinan Nasional untuk membantu mematuhi protokol kesehatan serta Gerakan Kepedulian Nasional dengan cara mewujudkan sikap empati dan menolong sesama hidup.

Dalam kegiatan ini, Pramuka penggalang Garuda Griska Septiana dari Kepulauan Bangka Belitung mendapat penghargaan Lencana Teladan oleh Presiden yang disematkan oleh Ketua Kwartir Nasional, Budi Waseso. Selain Griska, Afif Nabawy yang juga dari Kepulauan Bangka Belitung juga menerima penghargaan yang sama.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top