Makna Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh di Mata Gubernur Erzaldi

Makna Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh di Mata Gubernur Erzaldi

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dan Wakil Gubernur Abdul Fatah beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti upacara Peringatan HUT ke-76 detik-detik Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta secara virtual, Selasa (17/8/21), di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel.

Lantas apa makna Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh yang menjadi tema HUT Ke-76 RI di mata Gubernur Erzaldi? Bang ER-sapaan akrabnya menyiratkan pesan optimisme dibalik tema tersebut.

"Kita harus optimis menyikapi masa pandemi saat ini, dengan tetap berupaya dan berusaha untuk terus tumbuh dan terus berkembang," kata Gubernur Erzaldi usai mengikuti upacara kenegaraan secara virtual tersebut.

Dengan momentum peringatan HUT RI ini juga gubernur mengajak masyarakat untuk kembali mengobarkan semangat merah putih, seperti yang telah dilakukan para pejuang kita dengan mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan Negara Indonesia.

"Sesuai dengan yang dicita-citakan semangat perjuangan _The Founding Fathers_ bangsa besar ini untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa, kita harus terapkan disaat pandemi ini," jelasnya.

Menurut orang nomor satu di Babel itu, dengan persatuan dalam menghadapi pandemi, ditambah bersikap saling mengingatkan dan mendukung, dirinya meyakini segala permasalahan dapat teratasi.

"Baik kekompakan antar penyelenggara negaranya maupun kekompakan antar masyarakatnya, ini penting mengingat tantangan kedepan sangat beragam," ungkapnya.

Menyikapi penerapan PPKM di Babel, gubernur berpendapat jikalau masyarakat mematuhi penerapan aturan secara patuh maka aktivitas masyarakat akan kembali normal seperti sedia kala, karena tujuan itu semua guna menekan laju penularan Covid-19, serta mengendalikan kapasitas rumah sakit yang menangani pasien agar tidak _over capacity_.

Selain penerapan PPKM, Pemprov. Babel saat ini sedang menggencarkan proses vaksinasi dan penerapan isoter bagi pasien terpapar Covid-19.

"Sudah banyak contohnya, seperti DKI Jakarta dengan kedisplinan masyarakatnya membuat kasus Covid-19 di ibukota tersebut saat ini menurun. Maka, saya meminta untuk masyarakat Babel, tahan nafsu kita sebentar, ini semua untuk melandaikan kasus Covid-19 di wilayah kita," pungkasnya.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan HUT ke-76 RI berlangsung khidmat. Dan tepat pukul 10.17 WIB, seluruh masyarakat menghentikan sejenak kegiatan dan mengambil sikap sempurna untuk menghormati peringatan detik-detik proklamasi.

Peringatan detik-detik proklamasi juga turut dimeriahkan oleh delapan pesawat tempur strategis F-16 Fighting Falcon dan enam pesawat helikopter TNI, dimana delapan pesawat tempur F-16 melakukan _flypast_ atau atraksi terbang bebas. Sementara enam pesawat helikopter melakukan penerbangan _Giant Flag_ Merah-Putih Underslung yang mengibarkan bendera Merah-Putih ukuran raksasa.

Presiden Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu Asops Kosekhanudnas II Makassar Kolonel Pnb Putu Sucahyadi.

Turut hadir mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI diantaranya Ketua DPRD Babel Herman Suhadi, Kapolda Babel Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat, Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen M. Jangkung Widyanto, Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, Danlanud Babel Letkol NAV Rudi Hartono, Sekda Babel Naziaro, Kajati Babel Daroe Tri Sadono, beserta para istri jajaran Forkopimda Babel.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top