Semangat Pramuka Garuda Harus Terus Berkobar

Semangat Pramuka Garuda Harus Terus Berkobar

Advertorial

 

BANGKA BARAT BBC - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi mengharapkan semangat Pramuka Garuda harus selalu berkobar dalam jiwa dan sebagai pemacu serta motivasi bagi seluruh anggota Pramuka di Bangka Belitung.
Demikian disampaikan Kakwarda Babel Melati Erzaldi saat bersama Bupati sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Bangka Barat, Sukirman, pada acara Ramah Tamah dengan Penerima Penghargaan Lencana Teladan dan Pramuka Garuda Berkebutuhan Khusus, di Ruang Pertemuan OR Kantor Bupati Bangka Barat, Kamis (19/8/21).

"Semangat Pramuka Garuda harus terus berkobar dalam setiap jiwa anggota Pramuka," ungkapnya.

Kakwarda mengatakan, Pramuka Garuda merupakan suatu prestasi dan pencapaian, namun prestasi dan pencapaian itu bukanlah yang utama, melainkan bagaimana menggiring anak-anak dan generasi penerus ini mempunyai karakter yang baik.

Hal ini juga merupakan upaya Kakwarda Babel untuk menyiapkan tercapainya Generasi Emas Indonesia 2035. Oleh sebab itu dalam Programnya Kwarda Babel mencanangkan 100 Pramuka Garuda di Setiap Kwartir Cabang.

Oleh sebab itu Kakwarda Babel memberikan apresiasi kepada Kwartir Cabang Bangka Barat yang saat ini telah berhasil melahirkan 41 Pramuka Garuda di berbagai tingkatan, beberapa diantaranya adalah kelima Siswa/i SLB Negeri 1 Muntok yang hadir pada kesempatan itu, termasuk dua diantaranya yaitu Griska Septiana dan Afif Nabawi yang berhasil mendapatkan Penghargaan Lencana Teladan dari Presiden RI Joko Widodo pada Upacara HUT Pramuka lalu. Dan itu merupakan sejarah bagi Bangka Belitung dan sejarah Kepramukaan di Indonesia.

Kakwarda Melati Erzaldi mengucapkan selamat kepada Griska dan Afif serta anggota pramuka lain dari SLB Negeri Muntok itu. Menurutnya prestasi ini harus terus dijaga. Untuk tetap terus terjaga dibutuhkan pendampingan bukan hanya dari Kwartirda Bangka Belitung dan Kwarcab Bangka Barat saja, tetapi kolaborasi semua pihak termasuk orangtua hadir dalam kesempatan itu, teman dan lingkungan.

Sementara itu Bupati sekaligus Kamabicab Bangka Barat Sukirman dalam sambutannya mengatakan prestasi-prestasi ini akan terus ditingkatkan. Pihaknya juga siap berkolaborasi dan mendukung khususnya program pramuka Garuda seperti yang dicanangkan oleh Kwarda Babel, dalam upaya menciptakan Generasi Muda yang unggul.

Sebelumnya Wakil Ketua Binamuda sekaligus Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pramuka Garuda Babel, Muhammad Irham melaporkan Gambaran umum Pramuka Garuda.

Bahwa seorang anggota pramuka dengan predikat Pramuka Garuda harus berhasil mendapatkan kecakapan-kecakapan di setiap tingkatan dalam tiap golongan Pramuka. Selain itu kecakapan lain, serta tingkah laku dan keteladanan baik di sekolah, rumah dan lingkungan juga menjadi penentu untuk mendapatkannya.

Dan Kwarda Kepulauan Bangka Belitung melalui Kwartir Cabang Bangka Barat, melalui adik-adik Pramuka Garuda  berkebutuhan khusus menjadi penerima penghargaan Pramuka Teladan pertama dan menjadi sejarah bagi Kwarda Babel dan Kepramukaan di Indonesia.

Kegiatan ditutup dengan pemberian kenang kenangan oleh Kakwarda Babel kepada kelima Anggota Pramuka Berkebutuhan Khusus. Selain itu juga dilakukan penyematan Lencana Melati dan pemberian kenang-kenangan serta cinderamata kepada M. Nadjib Isa yang merupakan tokoh dan sesepuh Pramuka di Kwarcab Bangka Barat dan Kwarda Babel.

Pada kesempatan itu Kakwarda Babel juga menerima lukisan dirinya hasil karya Penerima Lencana Teladan Griska Septiana.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top