Gubernur Perintahkan Penghentian Aktifitas PT PMM Mengirim Zirkon

Gubernur Perintahkan Penghentian Aktifitas PT PMM Mengirim Zirkon

beritababel

 

 
 

PANGKALPINANG BBC —  Pengiriman Zirkon ke luar daerah oleh PT Putraprima Mineral Mandiri (PT PMM) akhirnya terjawab.

PT PMM yang sering melakukan pengiriman zirkon ke luar daerah dengan berbagai dalih ini akhirnya harus menghentikan aktifitas pengiriman zirkon ke luar daerah dengan keluarnya surat rekomendasi penghentian pengiriman zirkon dari Gubernur Babel, Erzaldi Rosman.

Surat dengan nomor 540/0612/ESDM_3 itu ditujukan kepada Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam di Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Surat rekomendasi penghentian pengiriman zirkon ini ditandatangani langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, tertanggal 6 September 2021, di Pangkalpinang.

Berikut isi lengkap surat rekomendasi penghentian pengiriman zirkon tersebut:

Sehubungan dengan kegiatan usaha pertambangan yang dilaksanakan oleh PT Putraprima Mineral Mandiri (PT PPMM), dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

1. PT PPMM merupakan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi melalui Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung No. 188.4/263/ESDWDPMPTSP/2018 komoditas mineral bukan logam jenis zirkon dengan WIUP di Desa Bantam, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

2. PT PPMM telah melakukan kegiatan pengangkutan dan penjualan ke luar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama tahun 2021 (per tanggal 02 Agustus 2021) dengan jumlah total pengiriman mineral zirkon sebanyak 15.599,56 ton (berdasarkan data LHV Surveyor PT Konsulindo Era Sejati).

3. Penjualan tersebut sudah melampaui jumlah produksi berdasarkan persetujuan Rencana Kerja Anggaran dan Biaya (RKAB) Tahun 2021 yaitu sebesar 10.000 ton mineral zirkon.

4. Berdasarkan hasil peninjauan lapangan pada tanggal 05 Agustus 2021, tidak ditemukan kegiatan operasional penambangan yang konkrit dan signifikan dengan kumulatif luas lahan terganggu sekitar 1,5 ha (sejak tahun 2019).

5. Berdasarkan angka 3 dan 4, dapat diasumsikan bahwa asal-usul mineral zirkon yang terjual belum dapat dipertanggungjawabkan secara teknis.

Berkenaan dengan hal-hal di atas, kami merekomendasikan kepada Saudara untuk dapat menghentikan pengiriman dan/atau pengapalan zirkon PT PMM.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top