BERKEMBANGNYA BUMDES CAMBAI SELATAN, KOMISI IV BERI APRESIASI

BERKEMBANGNYA BUMDES CAMBAI SELATAN, KOMISI IV BERI APRESIASI

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC -  Komisi IV DPRD Bangka Belitung yang didampingi Kabid. kelembagaan, kerjasama pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dari Dinas Sosial & Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi, Nurul Huda kunjungi Desa Cambai Selatan, Bangka Tengah.

Rombongan digawangi Ketua Komisi IV, Jawarno. Hadir pada kegiatan di kantor desa ini adalah Ranto Sendhu, Dody Kusdian, Harianto, Toni Mukti, Johansen Tumanggor dan Evi Junita. Turut serta Kabag. Fasilitasi penganggaran dan pengawasan, Eko Sentosa.

Disambut hangat oleh Kades Cambai Selatan, Muharam juga ucapkan terima kasih atas kunjungan siang ini. "Semoga membawa kebaikan dan kemajuan untuk desa kami", sampai beliau.

Mengawali pertemuan, disampaikan ada tiga (3) kegiatan yang dijalankan Bumdes Cambai Selatan, yaitu Berkah Mart, pembibitan & peternakan sapi serta budidaya lele sistem bioflok. Untuk peternakan sapi dimulai pada awal tahun 2019 sebanyak enam (6) ekor yang berasal dari dana hibah desa. Dengan kerja keras dan kekompakan tim bumdes, hingga sekarang sudah menjadi enam belas (16) ekor.(17/9/21)

Pengurus Bumdes yang turut hadir, Imam tambahkan untuk budidaya lele sendiri, bibit ikan berasal dari sumbangan mandiri masyarakat desa. Karena kami akui bahwa bumdes minim modal. "Alhamdulillah, juga kami mendapatkan bantuan dari pemkab Bangka Tengah yakni pakan sebanyak 1 ton dan bibit lele sekitar sepuluh ribu. Dan sudah panen untuk lele hanya kami belum dapat memaksimalkan distribusinya" , jelas Imama.

Politisi PKS, Dody Kusdian penuh antusias dan mengapresiasi semangat kawan - kawan di Bumdes Cambai Selatan. "Ini juga pasti tak lepas dari dukungan pak kades. Dengan hadirnya perwakilan dari Dinsos & Pemdes Babel, kami harapkan dapat ditindaklanjuti dengan program yang mendukung perkembangan bumdes. Misalnya Dinas dapat memfasilitasi dan menjadi agen untuk menyalurkan hasil / produk Bumdes melalui kerjasama dengan pihak lainnya. Ini harus dibuatkan MoU dan dikaji dengan jelas sehingga semua pihak tidak menyalahi aturan", jelas Dody.

Jawarno tambahkan, tidak semua Bumdes berhasil seperti disini. Bumdes Cambai Selatan dapat dijadikan contoh bagi desa lainnya. Prestasi seperti ini harus kita sampaikan.

Perwakilan Dinsos & PMD Babel, Nurul Huda tanggapi di tahun ini sudah ada anggaran pembinaan dan kerjasama serta pendampingan Bumdes. Kedepan sudah menjadi tugas dan program kami untuk mengembangkan serta memajukan bumdes - bumdes lainnya juga. Dukungan Komisi IV sangat kami harapkan.

Lanjutkan kegiatan dengan meninjau lokasi peternakan dan pembibitan, Komisi IV bertemu dengan pengurus Bumdes lainnya. Anggota komisi dari Fraksi Golkar, Harianto sampaikan harus kita dukung keberhasilan bumdes yang seperti ini. "Selain menjadi sebuah prestasi, pastinya juga berdampak peningkatan ekonomi terhadap masyarakat setempat. Menjadi tugas bersama untuk membuat inovasi melalui program unggulan lainnya bagi Bumdes", tutur politisi Dapil Bangka Tengah ini.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top