Jelang HUT TNI Ke-76, Gubernur Erzaldi Ziarah ke TMP Pawitralaya

Jelang HUT TNI Ke-76, Gubernur Erzaldi Ziarah ke TMP Pawitralaya

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC  - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzadi Rosman berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pawitralaya, Pangkalpinang, Senin (4/10/2021). Ziarah untuk mengenang jasa para pahlawan itu merupakan rangkaian kegiatan jelang HUT TNI ke-76 yang akan diperingati pada lusa mendatang.

Ziarah dipimpin inspektur upacara Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen M. Jangkung Widyanto. Diikuti bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel, diantaranya Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan dan Danlanud TNI AU Belitung Letkol Nav Rudi Hartono, selain itu juga hadir General Manager (GM) Wilayah Operasi Bangka Belitung (Babel), Robertus Bambang Susilo.

Peserta ziarah nasional kali ini juga dibatasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mulai penerapan jarak antar peserta, bermasker dan tetap disiapkan sarana cuci tangan dan _hand sanitizer_ untuk para peserta.

Kegiatan berlangsung dengan khidmat yang diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, kemudian peletakan karangan bunga secara simbolis di tugu makam pahlawan oleh Irup serta diakhiri penaburan bunga di makam pahlawan yang diikuti oleh seluruh peserta ziarah lainnya.

Gubernur yang memimpin prosesi tabur bunga terlebih dulu secara langsung berziarah ke makam mantan Gubernur Babel, Eko Maulana Ali yang telah meninggal dunia delapan tahun silam.

Usai mengikuti upacara, Gubernur mengatakan bahwa ziarah yang dilaksanakan pada momentum peringatan Hari Jadi TNI ke-76 ini, diharapkan semakin memperkokoh rasa cinta terhadap tanah air. Selain itu, diharapkannya juga bisa semakin meningkatkan kebersamaan sebagai bangsa terutama dalam menghadapi pandemi serta sebagai wujud penghargaan terhadap jasa para pahlawan.

"Bangsa yang besar adalah yang selalu mengenang jasa-jasa pahlawan. Kita sebagai penerus bangsa harus dapat melanjutkan perjuangan mereka," terangnya.

Mengangkat tema "Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang" dalam perayaan HUT TNI ke-76 kelak, Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen M. Jangkung Widyanto menjelaskan maksudnya tujuannya agar semua elemen untuk bersatu padu melawan pandemi ini,

"Baik itu TNI, Polri, Pemerintah Pusat dan Daerah, termasuk masyarakat untuk bersatu dan berjuang dalam menghadapi pertempuran melawan pandemi ini," ujarnya

Ditambahkan Jenderal bintang satu tersebut, nantinya pada perayaan HUT TNI Ke-76 selain akan melaksanakan upacara, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan vaksinasi dan bantuan sosial, seperti bantuan sembako, masker, maupun sunatan massal.

Termasuk melaksanakan ziarah nasional yang merupakan salah satu rangkaian dalam rangka HUT TNI Ke-76 TNI kali ini, menurutnya hal itu merupakan upaya untuk menghargai jasa para pahlawan, karena negara Indonesia tak akan bisa berdiri seperti sekarang ini, tanpa jasa para pahlawan.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top