Wakil Bupati Bangka Meresmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama

Wakil Bupati Bangka Meresmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama

Advertorial

SUNGAILIAT BBC - Wakil Bupati Bangka meresmikan pemakaian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) tahun 2021 di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (26/10).

Hadir pada kesempatan tersebut, Kanwil Kemenag provinsi Babel, Tumiran Ganefo, Kepala Kemenag Bangka, Syaiful Zuhri, Kepala Pengadilan Agama Sungailiat, Aliyudin, Anggota DPRD Bangka Maryanto, Kasi Datun Fengky Indra, Perwakilan Bank BRI Babel, Perwakilan Bank SumselBabel Syariah, Kepala Kemenag Bangka Selatan, Para Kasi dan Kabid baik Kemenag Bangka maupun Kanwil Kemenag Babel serta tamu undangan lainnya.

Menurut Kepala Kemenag Kabupaten Bangka, Syaiful Zuhri mengatakan bahwa pembangunan gedung baru KUA ini bukan hanya di Sungailiat saja, tetapi sekarang juga dibangun di Kecamatan Puding Besar, dan Kecamatan Belinyu. Tapi memang untuk KUA yang di Sungailiat selesai lebih dulu dan sesuai dengan rencana.

“Memang kita kadang-kadang berpikir juga, Sungailiat ini merupakan Ibukota Kabupaten Bangka, Penduduknya paling ramai orang mau hajatan nikah hanya sepasang tapi yang datang menghadiri pernikahan sebanyak dua mobil, ketika datang pun mau masuk ruangan tidak muat karena terbatas. Dan kemarin kita minta dan ajukan kepada Kanwil Kemenag Babel untuk dapat menyetujui pembangunan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji ini karena dianggap cukup mendesak,” jelas Syaiful Zuhri.

Dikatakannya, Selama ini Kantor KUA yang ada di Pasar Inpres samping Kantor Lurah Sri Menanti itu hanya menumpang saja lahan bangunan tersebut milik Pemkab Bangka dan selama ini pun apabila hujan turun cukup deras sering mengalami kebanjiran, dan pihak KUA apabila banjir selalu kewalahan untuk menyelamatkan arsip dan dokumen Kantor.

“Dengan adanya gedung baru ini yang mana suasana lingkungan kerjanya cukup nyaman dan representatif, dengan ruangan yang cukup besar dan dengan fasilitas pendingin ruangan (AC) serta sarana dan prasarana yang mendukung dalam meningkatkan prestasi kerja,” Ungkapnya.

Ditempat yang sama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Babel, Tumiran Ganefo mengutarakan dengan adanya peresmian penggunaan gedung Kantor KUA Kecamatan Sungailiat ini semoga menambah semangat bekerja para pegawai dilingkungan Kemenag Kabupaten Bangka. Untuk peresmian gedung ini sendiri sejatinya nanti akan dilakukan pada bulan Februari 2022 oleh Menteri Agama RI dalam kunjungan kerjanya di Babel.

“Semoga dengan adanya penggunaan gedung Kantor baru KUA ini dapat menambah semangat bekerja para pegawai kita dan informasinya memang untuk peresmian gedung baru ini nantinya pada bulan Februari akan langsung dilakukan oleh Menteri Agama RI, Yagot Cholil Qoumas pada kunker ke Bangka Belitung,” kata Tumiran Ganefo.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Syahbudin saat menyampaikan Amanatnya menjelaskan untuk Kecamatan Sungailiat ini penyediaan Balai Nikah dan Manasik Haji ini merupakan salah satu upaya dari Kemenag Kabupaten Bangka untuk melakukan perbaikan pada bidang pelayanan publik. Dengan adanya peresmian penggunaan gedung baru ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Sungailiat.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka dan atas nama masyarakat Kabupaten Bangka menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap unsur Kemenag, unsur stakeholder yang ada di Kabupaten Bangka dalam mendukung terlaksananya pembangunan gedung baru ini,” Kata Wakil Bupati Bangka Syahbudin.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top