Bupati Bangka Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi

Bupati Bangka Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi

Advertorial

 

 

SUNGAILIAT BBC - Bupati Bangka Membuka Bimbingan Teknik (Bimtek) Pengelolaan dan Penatausahaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudes 2.0.4 mulai dari 29 sampai 31 Oktober 2021 yang diselenggarakan di Novilla Boutique Resort Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jumat (29/10).

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar, perwakilan BPKP Provinsi Babel, M. Irsyad, Kasi Intel Kejari Bangka, Mirsyahrizal, SH, MH, perwakilan Polres Bangka, Asisten 2 bidang Perekonomian dan Pembangunan, Rahmat Gunawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tony Marza, Ketua APDESI Kabupaten Bangka, Syaiful Ahyar, para peserta Bimtek yang mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua panitia pelaksana yang juga Ketua Apdesi, Syaiful Ahyar saat sampaikan laporan panitia menjelaskan bahwa dasar pelaksanaan Bimtek ini adalah sesuai dengan UU no 6 2014 Peraturan Pemerintah tahun 63 2014 tentang pelaksanaan UU no 6 tahun 2014 tentang Desa. Permendagri no 47 tahun 2015 PP nomor 8 tahun 2016 dan PP no 60 tahun 2014 tentang dana Desa dan Peraturan Bupati nomor 68 tahun 2018 tantang pengelolaan keuangan Desa.

“Tujuan kita adalah dalam melaksanakan Bimtek ini, diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh aparatur penyelenggaraan Pemerintahan Desa terkait terbitnya UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan berbagai peraturan pelaksanaan proposional dan implementasi sebagai bagian dari upaya untuk menguatkan pungsi dan tugas peran dari penyelenggaraan Pemerintahan Desa,” Terang Syaiful Ahyar.

Sementara itu, Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH mengatakan bahwa perkembangan terhadap perubahan digital saat ini memang luar biasa. Serta sistem yang ada di daerah juga perubahannya pun cukup cepat dan secara aturan dan Pemerintah pusat sampai hari ini juga sama. Semuanya harus menggunakan sistem aplikasi dan terfokus pada OSS yang ada di daerah.

“Dan inilah kami kemarin sampai ke BKPM pusat karena belum terupdatenya dari pada sistem kita saat ini. Kami juga sudah mengundang dari tim BPKP untuk dorongan dan dukungan apalagi akhir-akhir tahun ini kita mengejar tarhadap Pendapatan Asli Daerah kita. Apabila sistem kita ini tidak berjalan maka akan berakibat pada pendapatan kita di Kabupaten Bangka," Jelas Bupati Bangka.

Ia menambahkan, Untuk kegiatan-kegiatan Desa saat ini untuk aplikasi 2.0.4 ini harus di pahami terutama pada perangkat-perangkat yang ada di Desa dalam Kabupaten Bangka. Dengan sistem ini akan banyak memberikan kemudahan dan memang perlu banyak belajar dan harus mempunyai pengetahuan karena selama ini seluruh Desa masih menggunakan sistem manual dan belum mengenal sistem aplikasi.

“Tapi karena perubahan semuanya maka kita harus go digital. Kita semua harus menyesuaikan dengan daerah dan Desa lainnya, dan sistem kita yang sampai hari ini belum siap maka dari itu sistem yang kita pakai masih manual. Dengan adanya Bimtek ini akan banyak membantu para perangkat aparatur Desa dalam menggunakan sistem aplikasi 2.0.4 ini terhadap sistem pengelolaan keuangan Desa,” Tuturnya.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top